• KANAL BERITA

Penataan KKLS Jadikan Kawasan Wisata untuk Wadahi Kegiatan Masyarakat

foto: suaramerdeka.com/dok
foto: suaramerdeka.com/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Proyek penataan Kawasan Kota Lama Semarang (KKLS) tahap I telah rampung. Sehingga setelah dilakukan penataan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), maka KKLS akan banyak menarik mata wisatawan.

Mau ke Semarang? Lihat Kota Lama? Naik pesawat saja biar cepet.

Jangan lupa booking kamar hotel ya.

“Penataan dilakukan agar kawasan lebih rapi, nyaman, dan bisa menjadi tujuan wisata. Selama ini, wisatawan yang datang ke Semarang lebih banyak memilih berkunjung ke Candi Borobudur atau Pulau Karimunjawa,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, kemarin.

Kini kondisi jalan dan pedestrian di kawasan seluas 22 hektare sudah rapi menggunakan paving block dengan dilengkapi pembatas.

Selain itu dibuat jaringan utilitas berupa kabel listrik, fiber optik, telepon, dan pipa PDAM di bawah tanah, jaringan drainase dan pembangunan dua kolam retensi yakni Kolam Berok dan Bubakan untuk mengurangi risiko genangan.

Proyek ini dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya secara bertahap sejak Desember 2017 hingga Juni 2019 dengan anggaran Rp183 miliar miliar. Pekerjaan dilakukan oleh kontraktor PT Brantas Abipraya.

“Penataan juga bertujuan mewujudkan kota Semarang menjadi kota pusaka yang layak huni dan berkelanjutan. Nantinya, bisa menjadi kawasan wisata yang mewadahi berbagai kegiatan masyarakat, seperti car free day, festival seni budaya, dan kuliner yang akan meningkatkan ekonomi lokal,” pungkasnya.


(Ant, Red/CN40)