panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
06 Agustus 2014 | 11:32 wib
Kiat Bijak Memperbaiki Keuangan Rumah Tangga
image

LEBARAN dan liburan usai sudah. Menyisakan anggaran yang membengkak, bahkan mungkin juga hutang yang menumpuk. Tanggal tua yang sekarat pun sudah membayangi di pelupuk mata.

Apalagi ditambah penghasilan yang tidak mencukupi kebutuhan bulanan rumah tangga, maka utang pun dianggap sebagai solusi jitu. Segera hilangkan kebiasaan ini dengan kiat memperbaiki keuangan rumah tangga.

Ketahui terlebih dulu penghasilan suami dan istri maupun usaha sampingan lainnya. Jika memang sumber pendapatan Anda lebih dari satu, ada baiknya digabungkan saja.

Setelahnya, perlu juga membuat daftar pengeluaran bulanan. Ada pengeluaran rutin yang harus dibayarkan, seperti air, listrik, uang sekolah ataupun belanja bulanan.

Catat dan bagi ke dalam pos-posnya. Sesuaikan kebutuhan untuk pos yang sifatnya tidak mendesak dan tak terduga, misalnya rekreasi, hiburan atau dana darurat.

Ada baiknya, Anda harus realistis dalam berhutang. Sesuaikan dengan kemampuan Anda membayar angsurannya setiap bulan. Langkah pertama untuk mengatasinya, hitunglah total hutang dan cicilan yang harus Anda bayar setiap bulannya.

Berikutnya, buatlah rencana keuangan untuk menyeimbangkan antara penghasilan dan pengeluaran. Aturlah penghasilan Anda untuk mencukupi kebutuhan dan menyicil hutang.

Dahulukan membayar hutang daripada menabung jika hutang cukup besar. Anda juga perlu mencukupi kebutuhan sesuai prioritas. Buatlah rencana dan anggaran keuangan di buku atau komputer.

Perlu diingat, yang dibutuhkan agar keuangan rumah tangga sehat adalah bijak berhemat. Mulailah mengajak seluruh anggota keluarga untuk hidup hemat.

Anda bisa mulai dengan mengurangi frekuensi ke mall atau memasak sendiri di rumah dapat menjadi alternatif daripada jajan di luar rumah. Gunakan uang untuk memenuhi kebutuhan, bukan keinginan.

Tak hanya sekedar pintar berhemat, diperlukan juga motivasi dari keluarga untuk memperbaiki keuangan rumah tangga. Contohnya saja, Anda berdua ingin berencana membeli kendaraan pribadi, maka harus ada usaha dari keduanya untuk lebih bijak mengelola uang.

(Maya/CN19)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
27 Agustus 2014 | 12:33 wib
Dibaca: 82682
image
18 Agustus 2014 | 11:47 wib
Dibaca: 71549
image
06 Agustus 2014 | 11:32 wib
Dibaca: 67770
image
26 Juli 2014 | 17:36 wib
Dibaca: 63928
image
08 Juli 2014 | 12:15 wib
Dibaca: 69032
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER