panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
26 Juli 2014 | 17:36 wib
Hindari Masalah di ATM Saat Mudik
image

WAKTU perjalanan mudik, pasti ada saat di mana Anda butuh pergi ke mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Namun, ATM sepanjang jalur mudik tidak selalu terletak di tempat nyaman sepert mal, atau gedung perkantoran, seperti lazimnya di kota besar.

Jadi, jika Anda ingin menarik uang dari mesin ATM, pastikan Anda memperhatikan hal-hal ini agar Anda tetap aman.

1. Cari pom bensin atau mini-market

Usahakan untuk menggunakan ATM yang berada di pom bensin, atau mini-market karena lokasi ini lebih jelas dan tidak pernah sepi, setidaknya ada penjaga pom bensin, atau mini-market disekitar Anda.

Selain kamera yang terpasang di atas ATM, pom bensin dan mini-market juga biasanya dilengkapi dengan CCTV sendiri. Jadi, tingkat keamanannya lebih tinggi.

2. Cek mesin untuk kejanggalan

Cermati ATM sebelum Anda menggunakannya. Pastikan bahwa tidak ada kabel, stiker maupun alat tertentu yang tidak lazim, tetapi yang tertempel di atau terletak dekat mesin ATM. Jangan lupa untuk mengecek lagi, apakah Anda sudah mengambil kartu dan slip ATM Anda sebelum meninggalkan ATM.

Supaya aman, daftarlah layanan SMS banking di bank Anda yang akan memberi tahu Anda lewat SMS setiap kali kartu debit atau kartu kredit Anda digunakan. Toh, layanan informasi ini akan tetap berguna bagi Anda ke depannya.

3. Siapkan kartu ATM

Siapkan kartu ATM Anda sebelum melangkah ke ATM, agar Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari dan mengeluarkan dompet Anda. Kalau bisa, cukup turun dari kendaraan Anda dengan kartu ATM dalam kantong baju Anda.

Selain itu, tidak usah berlama-lama menghitung uang yang keluar dari ATM melainkan cepat-cepat menyimpan uang yang Anda tarik. Jika bisa, jangan menarik uang dalam nominal besar.

4. Jangan tinggalkan motor atau mobil menyala

Mungkin Anda berpikir bahwa Anda bisa meninggalkan motor, atau mobil Anda menyala sambil dijaga oleh pasangan, atau anak-anak Anda. Anda bahkan berpikir bahwa Anda tidak usah mengunci motor atau mobil Anda. 

Sebetulnya, membiarkan motor, atau mobil menyala dan tidak terkunci menimbulkan kesempatan bagi pelaku kejahatan. Jadi, main aman saja dengan mematikan dan mengunci rapat kendaraan Anda. (asp)


(vvn/CN19)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
27 Agustus 2014 | 12:33 wib
Dibaca: 82783
image
18 Agustus 2014 | 11:47 wib
Dibaca: 71595
image
06 Agustus 2014 | 11:32 wib
Dibaca: 67789
image
26 Juli 2014 | 17:36 wib
Dibaca: 63939
image
08 Juli 2014 | 12:15 wib
Dibaca: 69043
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER