panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
01 Mei 2014 | 08:58 wib
- Roadshow Prenagen di Semarang
Mempersiapkan Periode Emas bagi Anak
image

Narasumber seminar dr Boy Abidin memberikan materi tentang Periode Emas dan Perkembangan Otak Janin. (suaramerdeka.com/Yulianto)

SEMARANG, suaramerdeka.com- Sedikitnya 500 peserta yang terdiri atas para ibu, calon ibu dan calon ayah, Minggu (27/4) mengikuti kegiatan yang bertajuk” Prenagen Pregnancy Educational Journey Periode Emas, Siapkan Anak ke Masa Depan di Ruang Polaris Hotel Gumaya Jalan Gajahmada Semarang. Mereka diberikan pengetahuan tentang pentingnya periode emas bagi anak, cara-cara stimulasi pada anak, dan masa tumbuh kembang anak serta hal-hal yang harus diperhatikan selama masa kehamilan calon ibu.

Adapun sesi pertama dalam acara yang diadakan oleh PT Kalbe yakni Prenagen, adalah pemberian materi pengantar oleh dr Besari Adi Pramono MSi Med SpOG (K) dari perwakilan Perkumpulan Obstetri dan Genekologi Indonesia (POGI) Jateng. Dalam materi tersebut dr Besari mengatakan, nutrisi penting saat masa kehamilan. Sehingga para calon ibu untuk memperhatikan gizi untuk perkembangan janin di dalam kandungan. “Kebiasan untuk sering makan atau porsinya ditambah akan muncul karena masa tersebut kebutuhan akan makanan makin diperlukan untuk wanita,”katanya.

dr Besari juga menambahkan, sedangkan untuk persiapan psikologis sebagian besar wanita sangat peduli mengenai kehamilan dan proses persalinan. Minggu awal kehamilan, ibu hamil mencemaskan terjadinya abortus. “Dan pada Minggu akhir kehamilan, ibu hamil mencemaskan atau membayangkan bahwa persalinan adalah proses berbahaya dan disertai rasa nyeri hebat,”tuturnya.

Lalu dilanjutkan dengan acara inti atau sesi talkshow dengan narasumber dr Boy Abidin yang membawakan materi Periode Emas Perkembangan Otak Janin. Dalam materinya itu, dr Boy Abidin yang sekaligus sebagai dokter spesialis & penyakit kandungan dan konsultas fertilitas Endrokemologi Reproduksi menyampaikan, tentang periode emas sangat penting dalam masa pertumbuhan anak. Faktor-faktor yang mempengaruhi di periode emas yaitu selain stimulasi dan nutrisi juga kesehatan fisik ibu dan imunitas. Dimana kesehatan fisik ibu sangat mempengaruhi berhasilnya periode emas ini. “Sebenarnya persiapan kehamilan dimulai sejak orangtua memiliki anak wanita karena nantinya akan menjadi calon ibu yang kuat dan sehat untuk melahirkan generasi penerus yang sehat dan kuat pula,”katanya.

Dokter yang bekerja di Rumah Sakit Mitra Kelapa Gading Jakarta ini juga menjelaskan, hasilnya tidak serta merta bisa dilihat bukan saat bayi itu lahir, namun anak setelah masuk mengenyam pendidikan di TK, SMP, SMA baru akan terlihat jika kita memberikan yang terbaik pada anak-anak sehingga mengalami tumbuh kembang yang baik. “Ternyata perlu saya tekankan periode emas atau perkembangan otak ini masanya tidak terlalu panjang yaitu 3 tahun saja, sehingga harus diperhatikan oleh wanita. Oleh karena itu cuma kecepatan optimalisasi pada otak adalah hanya 3 tahun pertama setelah melewati masa itu tidak bisa terulang lagi. Dengan acara ini mengedukasi pada ayah dan ibu penting sekali memberikan nutrisi yang baik dan stimulasi yang baik pada janin bukan dari dia lahir tapi sejak di janin atau usia dini,”jelasnya.

Dia melanjutkan, untuk itu hal ini perlu kita terapkan. Indonesia perlu SDM yang jenius dibangku sekolah pendidikan, tapi sebenarnya potensi sudah dimiliki sejak dalam kandungan embrio, janin. Dokter dengan tiga anak ini juga menjelaskan, pertumbuhan otak anak memerlukan gizi atau nutrisi. Apa yang kita masukkan dan makan akan menjadi diri kita. Bayi baru lahir serabut saraf otak belum banyak tapi sudah terbentuk semakin lama akan makin banyak mulai dari 1000 hari pertama atau 3 tahun pertama sejak pembuahan sangat penting. Semakin banyak serabut otak maka imajinasi dan kreatifitas anak makin tinggi. “Jangan sampai kekurangan asam folat. Karena akan menyebabkan efek buruk hingga cacat pada anak,”ungkapnya. Sehingga sangat penting memperhatikan pada Pra natal atau sebelum kelahiran, sudah diperhatian tentang gizi, hormon, stess dan lain-lain.

“Otak sudah bisa dibentuk pertama detak jantung ibu, apa yang dirasakan ibu akan dirasakan si anak. Memberikan musik klasik mozart salah satu bentuk memberikan stimulasi kepada anak dimulai sejak dari kandungan,”paparnya.

Narasumber lainnya Irene F Mongkar, pakar stimulasi anak mengatakan, penting untuk memberikan stimulasi pada anak yaitu rangsangan sensorik dan motorik. Rangsangan Sensorik seperti merasakan, mencium, meraba, mendengar, melihat. Dan rangsangan motorik yaitu memberikan kesempatan berbicara, kesempatan bergerak, kesempatan menggunakan tangan.

Sedangkan bagi wanita dalam acara ini ada sesi melakukan praktek belly dance yaitu bertujuan untuk melatih panggul ibu-ibu hamil sehingga memperlancar proses melahirkan.

Sementara itu, Sylvia L Gunawan Business Unit Bisnis Head Nutrition for Woman mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk sharing dan berbagi pengalaman kepada para calon ibu atau calon ayah pentingnya periode emas yang waktunya cukup singkat yaitu selama 3 tahun pertama. Karena PT Kalbe yang sudah 30 tahun berada di Indonesia yang telah berkompeten dan konsen dalam hal ini. Dan apalagi khususnya Prenagen syang aat ini menjadi market leader di Indonesia.

“Selain itu kegiatan ini bertujuan supaya calon ibu dan calon ayah memiliki pengetahuan yang benar bagaimana, apa dan hal-hal yang perlu dilakukan untuk distimulasi, bukan saja dari segi nutrisi saja. Karena banyak yang terlambat orangtua untuk memberi stimulasi kepada anaknya ternyata sudah besar. Kedepan acara ini sangat penting bagi bangsa Indonesia yang ingin memiliki generasi yang sehat dan berkualitas,”jelasnya.

Dia menambahkan, acara ini akan diadakan di 10 kota di Indonesia. Termasuk di Kota Semarang merupakan kota kedua setelah di Bandung. "Di Bandung diikuti 1.000 peserta,"katanya.

(yulianto/CN19)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
27 Agustus 2014 | 12:33 wib
Dibaca: 80071
image
18 Agustus 2014 | 11:47 wib
Dibaca: 69888
image
06 Agustus 2014 | 11:32 wib
Dibaca: 66684
image
26 Juli 2014 | 17:36 wib
Dibaca: 62979
image
08 Juli 2014 | 12:15 wib
Dibaca: 68072
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER