panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
17 Juli 2013 | 16:53 wib
Wanita dan Karir
image

Anda seorang wanita karir? Tentunya sudah tak asing lagi dengan istilah 'kompetisi' yang mudah terjadi di tempat kerja, khususnya dengan sesama rekan kerja wanita. Untuk menghadapi konflik-konflik yang mungkin terjadi, Anda tinggal memilih : menjadi kompetitor atau sekutu yang kuat.

Ramah bukan berarti berteman

Berteman dengan rekan kerja boleh saja, namun dibutuhkan parameter. Jangan sampai Anda lebih condong pada sosialisasi dengan rekan kerja wanita, daripada fokus pada pekerjaan. Hal ini dapat menjauhkan Anda dari sifat profesional. Misalnya saja, Anda dan si X yang merupakan rekan seruangan Anda, menjadi musuh hanya karena masalah pribadi. Contohnya, menyukai pria yang sama.

Berikan sedikit saja informasi pribadi

Kebiasaan untuk 'terbuka' dalam pertemanan, sebaiknya hanya terjadi pada masa sekolah dan kuliah saja. Pelajari kembali masa adaptasi Anda di tempat kerja, hal ini penting untuk mengetahui siapa-siapa saja rekan kerja yang dapat Anda percayai atau yang percaya pada Anda. Pastinya Anda tidak ingin bukan, kalau sampai atasan Anda mengetahui hal buruk mengenai pribadi Anda?

Jangan sepelekan rekan kerja 'beda generasi'

Banyak manfaat yang akan Anda peroleh, dengan memainkan peran aktif untuk menjembatani perbedaan generasi antar rekan wanita. Apabila atasan Anda wanita, dan lebih tua, Anda dapat membantunya memaksimalkan kompetensi yang dimilikinya. Sehingga akan menjauhkannya dari rasa minder terhadap rekan kerja yang lebih muda.

Mengajak orang baru untuk membangun network

Membangun hubungan dekat secara horizontal dengan orang baru, berpengaruh penting bagi  kelangsungan jenjang karir Anda. Mengapa? Karena ketika Anda mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan, menghubungi senior bukanlah hal yang recommended. Sedangkan, saling membantu untuk mengembangkan posisi menjadi lebih tinggi, akan berpengaruh pada apa yang bisa Anda peroleh bersama.

Hindari campur tangan orang ketiga

Konfrontasi, kerap dianggap sebagai cara yang kasar oleh wanita. Jika Anda memiliki masalah dengan rekan kerja atau atasan Anda, sebaiknya katakan langsung pada orang yang bersangkutan. Hindari melakukan curhat pada orang lain (pihak ketiga). Hal ini berkaitan dengan cara Anda membangun reputasi di tempat kerja.

Hadapi langsung masalah Anda

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, jika Anda membiarkan masalah berlarut-larut, kemungkinan besar Anda akan menciptakan segitiga (pihak ketiga), menimbulkan benci dan berlanjut dengan gosip. Sebaiknya, fokuskan pembicaraan Anda pada keuntungan-keuntungan yang akan Anda dan rekan peroleh dengan bersekutu.

(Gemitha/CN19)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
27 Agustus 2014 | 12:33 wib
Dibaca: 80525
image
18 Agustus 2014 | 11:47 wib
Dibaca: 70281
image
06 Agustus 2014 | 11:32 wib
Dibaca: 66951
image
26 Juli 2014 | 17:36 wib
Dibaca: 63240
image
08 Juli 2014 | 12:15 wib
Dibaca: 68320
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER