panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
10 Juli 2013 | 11:15 wib
Karier Melesat Berkat Relasi yang Tepat
image

Anda mempunyai banyak teman? Namun, apakah tipe-tipe berikut ini ada dalam list networking Anda? Inilah enam tipe relasi yang berpotensi membantu kita untuk meraih sukses.

1.  Si Informan
Cirinya, Anda selalu memperoleh berbagai macam informasi terbaru, tentang hal apapun darinya. Ia selalu update dengan topik-topik yang tengah hits, diantaranya : politik, ekonomi, lifestyle, sampai gosip dan selebritis. Selain mendapatkan informasi terkini, kita juga bisa mendapat wawasan baru sebagai bekal pembicaraan dengan orang-orang penting.

2.  Si Role Model
Temukan seseorang yang Anda kagumi dan idolakan keberhasilannya. Di lingkungan sekitar Anda saja, seperti di kantor maupun tokoh terkenal. Berdasarkan pengalamannya, kita dapat belajar tentang bagaimana meraih sukses dan bangkit dari kegagalan. Jangan segan meminta diskusi dan masukan darinya.

3.  Si Penghubung
Orang-orang penghubung seperti ini memiliki jaringan yang besar dan luas. Ia bisa membantu Anda terhubung dengan orang-orang yang tepat dan menangkap peluang dari seluruh jaringan yang ia miliki. Mereka yang termasuk diantaranya yaitu : head hunter, public relation, dan jurnalis.

4.  Si Kompeten
Bertemanlah dengan siapapun yang berkecimpung pada internal perusahaan, asosiasi, atau komunitas apapun yang membuat Anda memiliki kepentingan di sana. Sebab dari mereka, Anda akan mendapatkan informasi terbaru tentang perusahaan terkait. Darinya, kita juga mendapatkan perspektif yang jelas mengenai bidang pekerjaannya. Sehingga ketika membutuhkan masukan di bidang tertentu, Anda paham harus menghubungi siapa.

5.  Si Rekan Kerja
Selain menjalin networking dengan orang-orang di luar bidang Anda, jangan lupa dengan relasi satu profesi Anda. Dengan mereka, Anda akan lebih mudah bertukar informasi dan kesempatan. Selanjutnya, Anda dan rekan bisa memtuskan untuk menjadi kawan atau lawan untuk bersaing sehat.

6.  Si Murid
Selain mengidolakan, diidolakan juga penting. Bukannya narsis, namun seringkali orang-orang yang belajar dari kita, membuat kita semakin termotivasi untuk belajar dan berkarya lebih baik lagi. Kehadiran mereka membuat Anda merasa diperhatikan. Selain itu, memiliki murid juga bisa mengasah kemampuan mentransfer ilmu. Sehingga kelak Anda menjadi pemimpin, Anda tahu bagaimana cara yang tepat untuk membimbing mereka. Jadi, jangan segan untuk berbagi pengetahuan dengan mereka.

Lantas, bagaimana cara mengembangkan networking? Mudah saja! gabungkanlah daftar relasi Anda dengan milik orang lain. Tawarkan padanya untuk berbagi daftar relasi. Selamat mencoba!

(Gemitha/CN19)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
27 Agustus 2014 | 12:33 wib
Dibaca: 81352
image
18 Agustus 2014 | 11:47 wib
Dibaca: 70972
image
06 Agustus 2014 | 11:32 wib
Dibaca: 67376
image
26 Juli 2014 | 17:36 wib
Dibaca: 63631
image
08 Juli 2014 | 12:15 wib
Dibaca: 68713
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER