panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
25 Juli 2009 | 13:11 wib
Menjaga Kesehatan Vagina
image

Perempuan harus berhati-hati menjaga kebersihan organ kewanitaan. Sebab, masalah kebersihan bisa menjadi pintu masuk berbagai macam penyakit. Ada banyak hal yang harus diperhatikan:

1. Saat menstruasi, usahakan sesering mungkin mengganti pembalut. Darah yang keluar bisa menjadi media tumbuhnya kuman.
2. Sesudah berhubungan seks, bagian luar vagina sebaiknya selalu dibersihkan. Sebaiknya gunakan sabun pembersih khusus vagina. Jika perlu, gunakan cairan pembersih vagina bila memang ada infeksi di daerah kemaluan.
3. Saat membersihkan vagina, bilas dari arah depan ke belakang. Hal ini untuk menghindari terbawanya kuman dari anus ke vagina. Lebih baik gunakan air yang langsung ditadah dari keran biasa atau dengan keran semprot. Air yang terkumpul di ember atau bak mandi bisa saja terkontaminasi air kencing orang lain, spora, jamur, atau kuman.
4. Bila menggunakan kertas tisu, Anda harus hati-hati. Lendir dan air memang terserap, tetapi hendaknya diingat bahwa tidak semua tisu terjamin kualitasnya. Tisu yang terbuat dari serbuk kayu ada yang tercemar jamur kalau proses pembuatannya kurang baik.
5. Jaga organ intim agar tidak lembab setelah buang air kecil atau buang air besar. Bilas vagina sampai bersih, kemudian keringkan sebelum memakai celana dalam. Usahakan agar daerah kemaluan dan selangkangan selalu kering, lebih-lebih bagi yang bertubuh gemuk. Lingkungan yang lembab sangat disukai jamur.
6. Gantilah celana dalam sekurang-kurangnya dua sampai tiga kali sehari. Jangan biarkan celana basah atau lembab karena memberi peluang tumbuhnya jamur.
7. Sebaiknya tidak mengenakan celana terlalu ketat, berbahan nilon, jins, dan kulit. Pakai celana dalam berbahan katun yang menyerap keringat. Bila menggunakan panty liner, ganti setiap 2-3 jam.
8. Perempuan yang pernah melahirkan dan berhubungan seks, lakukan pap smear sekali setahun. Untuk mereka yang sudah menopause, lakukan 2-3 tahun sekali.
9. Jaga berat badan normal. Jangan sampai kegemukan karena menyebabkan vagina tertutup lipatan lemak sehingga lembab.

(Kdr/dila)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
27 Agustus 2014 | 12:33 wib
Dibaca: 6114
image
18 Agustus 2014 | 11:47 wib
Dibaca: 8622
image
06 Agustus 2014 | 11:32 wib
Dibaca: 10158
image
26 Juli 2014 | 17:36 wib
Dibaca: 10945
image
08 Juli 2014 | 12:15 wib
Dibaca: 14840
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER