panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
27 Agustus 2014 | 03:30 wib
Mencari Wakil Jateng di ISL
image

MASYARAKAT sepak bola Jateng menaruh harapan besar kepada tiga tim Divisi Utama yang kini melangkah ke babak 16 besar, PSIS, PSCS Cilacap dan Persis Solo. Bila ketiganya gagal promosi, Jateng dipastikan tanpa wakil di Indonesia Super League (ISL).

Persijap dipastikan terdegradasi ke Divisi Utama. Evaldo dkk baru mengumpulkan tujuh poin di dasar klasemen Grup 1 dengan dua laga tersisa. Seandainya menang di dua laga tersisa, mereka masih kalah poin dengan dua tim di atasnya. Di peringkat sembilan, Persik dengan 17 poin dan Persita di peringkat 10 dengan 15 poin.

Lantas, bagaimana peluang tiga wakil dari Jateng untuk promosi? PSIS yang dibesut Eko Riyadi memiliki catatan bagus di awal, namun menurun di akhir musim. Baik putaran pertama maupun putaran kedua. Mereka mencatat sembilan kali kemenangan, dua kali seri dan tiga kekalahan.

Dua hasil seri didapatkan saat bertandang ke markas Persiku dan menjamu Persis. Kesemuanya berakhir dengan skor imbang 1-1. Mereka harus menelan pil pahit saat menyerah 0-1 di kandang Persis. Kalah 0-2 di markas PSIR dan menyerah 2-3 dari tuan rumah Persipur di laga terakhir penyisihan grup. Dibandingkan dua tim lainnya, Laskar Mahesa Jenar menjadi yang

terproduktif. Fauzan Fajri dkk mencetak 29 gol dan kebobolan 12 gol, sedangkan PSCS mencetak 27 gol dan kebobolan sembilan kali dan Persis dengan 20 gol dan kemasukkan sembilan kali. PSIS akan bertemu lawan-lawan lama di Grup J babak 16 besar, yakni Pro Duta, Persikabo Bogor dan PSCS.

Musim lalu, PSIS satu grup dengan Persikabo dan PSCS di babak penyisihan. Dua kali jumpa Persikabo, kesemuanya berakhir dengan kekalahan. Menyerah 0-2 di Stadion Persikabo dan kalah 1-2 di Stadion Jatidiri. PSCS bertemu PSIS pada derbi Jateng musim kompetisi 2012/2013.

Di Stadion Jatidiri, tim kebanggaan warga Kota Semarang menang 1-0 lewat gol semata wayang Emile Linker. Sedangkan bertanding di Stadion Wijaya Kusuma, berakhir dengan skor kacamata 0-0.

''Kami banyak mengetahui kekuatan lawan secara individu pemain. Di Pro Duta, ada Donny Siregar dan Romy Agustiawan yang dua musim lalu memperkuat PSIS. Di Persikabo ada kiper senior Tema Mursadat, striker Johan Juansyah, Mustofa Aji dan bek asing Joel Tsimi,'' ungkap Direktur Teknik PSIS Setyo Agung Nugroho.

Dominan

Melihat perjalanan penyisihan grup, PSCS memiliki kans besar tampil dominan di babak 16 besar. Skuat arahan Gatot Barnowo menjadi satu dari dua tim yang belum tersentuh kekalahan. Mencetak delapan kemenangan dan enam seri. Selain PSCS, PS Bangka juga tak pernah kalah dengan sembilan kemenangan dan tiga seri.

Persis juga menjadi harapan baru untuk tampil di ISL. Skuat arahan Widyantoro tampil dominan di penyisihan grup. Rekor tak pernah kalah bisa saja berlanjut bila tak kalah 1-2 dari tuan rumah PPSM Magelang. Meski demikian, mereka tetap kokoh di puncak klasemen Grup 4.

Di babak 16 besar, Laskar Sambernyawa akan berjumpa PSPS Pekanbaru, PS Bangka dan PSGC Ciamis. Bukan lawan mudah bagi Persis, namun tetap ada kans untuk melaju ke babak delapan besar bila mampu meraih tiga kemenangan kandang dan sekali seri di laga tandang.

Mereka dapat memaksimalkan laga melawan PSPS Pekanbaru yang memiliki catatan pertandingan kurang baik. Runner-up Grup 1 itu sudah menelan enam kali kekalahan. Adapun PS Bangka yang belum pernah kekalahan menjadi lawan terberat. PSGC yang diperkuat Emile Linker dan Morris Power juga tak dapat dipandang sebelah mata.

''PS Bangka mempunyai pemain berpengalaman seperti mantan gelandang Barito Putera musim lalu Sackie Teah Doe dan juga Yogaspria Mirsadhaq yang sudah tahu kekuatan Persis. Namun kami akan bekerja keras untuk meraih hasil maksimal,'' tutur Pelatih Persis Widyantoro.

Tampil di 16 besar, menjadi catatan sejarah bagi Persis. Pasalnya, selama tampil di Divisi Utama, mereka selalu gagal lolos dari babak penyisihan. Karenanya, Persis tak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk tampil di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

(Hendra Setiawan/CN26)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
05 September 2014 | 11:00 wib
Dibaca: 82301
image
05 September 2014 | 10:50 wib
Dibaca: 79754
image
05 September 2014 | 07:57 wib
Dibaca: 80922
image
05 September 2014 | 07:43 wib
Dibaca: 77947
image
05 September 2014 | 07:30 wib
Dibaca: 77595
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER