panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
15 Juli 2014 | 08:13 wib
Daun Labu Kuning dan Binahong Penurun Kadar Glukosa Darah
image

DEWASA ini di kalangan masyarakat penyakit diabetes semakin banyak dan berkembang dengan pesat. Penyakit diabetes disebabkan adanya kadar gula yang berlebih di dalam tubuh manusia.

Banyak sekali obat yang harus mereka konsumsi yang terkadang justru akan memperparah keadaan. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi overdosis dari bahan-bahan kimia yang berasal dari obat, dibutuhkan suatu alternatif alami untuk menurunkan gula darah dalam tubuh.

Untuk menurunkan kadar gula darah, mahasiswa Prodi Biologi FMIPA UNY yaitu Masna Khomsatu Roisah, Eny purwanti, Aisah Windasari, dan Irma Widyastuti melakukan penelitian yang berjudul "Penggunaan Ekstrak Daun Labu Kuning dan Daun Binahong untuk Penurunan Kadar Glukosa Darah pada Tikus Putih".

Labu kuning dengan kandungan senyawa cucurbitasinnya memiliki peluang untuk menurunkan kadar gula darah, selain pada labu kuning bahan alami yang kemungkinan dapat menurunkan gula darah adalah daun binahong, yakni adanya senyawa glikon.

"Penelitian ini dilaksanakan secara eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui kandungan yang terdapat pada daun binahong dan pada daun labu kuning sebagai penurun kadar gula darah serta mengetahui perbandingan kecepatan penurunan kadar gula darah antara daun binahong dan daun labu kuning," jelas Masna.

Langkah penelitiannya, sambungnya, yaitu membuat ekstrak daun binahong dan ekstrak labu kuning dengan memblendernya.

Percobaan pada tikus dilakukan tiap satu minggu sekali selama 3 bulan. Dan pengamatannya dilakukan setiap satu minggu sekali.

Lalu tim mencatat hasil penurunan kadar glukosa darah yang diperoleh setelah melakukannya pada tikus tiap satu minggu sekali selama 3 bulan. Untuk menganalisis data yang dilakukan dengan uji kenormalan, analisis ragam dan uji T dengan menggunakan bantuan program SPSS.

"Dari penelitian ini diketahui bahwa daun binahong dan daun labu kuning dapat menurunkan kadar glukosa pada tikus putih. Penurunan yang paling baik terletak pada konsentrasi yang rendah yakni 2%," tambahnya.

(Bambang Unjianto/CN33)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
04 September 2014 | 16:31 wib
Dibaca: 70184
image
26 Agustus 2014 | 15:27 wib
Dibaca: 73210
image
24 Agustus 2014 | 16:11 wib
Dibaca: 31703
image
21 Agustus 2014 | 10:34 wib
Dibaca: 25729
image
19 Agustus 2014 | 17:44 wib
Dibaca: 30592
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER