panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
07 Maret 2013 | 17:54 wib
Stres Dapat Picu Kanker
image

123rf.com

SELAIN pengaruh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, ternyata stres juga menjadi salah satu pemicu terjadinya penyakit kanker. 

Dalam kondisi tertekan dan sedih selama berhari-hari dapat membuat sel-sel di dalam tubuh ikut stres, sehingga  mendatangkan penyakit tersebut.

Hal itu disampaikan Dokter Rumah Sakit (RS) Telogorejo Semarang, dokter Siska Sindhuatmadja pada Sosialisasi Pencegahan Penyakit Kanker untuk Remaja di SMA St Louis, Kamis (7/3).

Dia mengatakan, kanker adalah pertumbuhan jaringan yang tidak normal kemudian tampak benjolan. Fakta menunjukkan 90-95% penyakit kanker dipengaruhi oleh faktor eksternal, yaitu gaya hidup dan lingkungan. Sedangkan, 5-10% penyebabnya adalah faktor genetik.

"Maka itu, mulai sejak dini pada usia remaja harus bergaya hidup sehat seperti menghindari rokok, tidak mengkonsumsi makanan cepat saji secara berlebihan, serta tidak memakai kosmetik dengan merk yang tidak jelas dan rentan merkuri," ungkapnya di kegiatan yang digelar Mal Ciputra Semarang dalam rangka HUT ke 20 itu.

Kanker disebabkan oleh karsinogen atau zat kimia/fisik yang menyebabkan mutasi DNA. Adapun, karsinogen ini bisa berasal dari virus, bakteri, bahan kimia, radiasi dan ultraviolet.

Sementara, untuk menentukan diagnosa kanker membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan, dan biasanya pasien harus  dirawat setelah ketahuan terjangkit penyakit ini.

Perawatan dapat dilakukan dalam tiga tahap, yaitu operasi, kemoterapi, dan kemoterapi.

"Jadi daripada terkena kanker lebih baik mulai dari usia remaja melakukan hidup sehat dan bahagia. Sebab, kanker bisa datang ke orang yang gampang stres, sedih, dan pemurung," tuturnya kepada siswa kelas X di SMA St Louis tersebut.

Siska menjelaskan, pada usia remaja ini diharapkan setiap individu dapat mengelola emosinya. Jangan mudah stres atau murung, dan diimbangi dengan gaya hidup sehat seperti diet, menjaga pola makan, dan berolahraga. 

Sementara itu, Manager Mal Ciputra Semarang Ani Suyatni menyampaikan, sosialisasi atau pencegahan kanker ini digelar bertepatan dengan HUT ke 20 Mal Ciputra Semarang. Adapun, sosialisasi dilakukan kepada para siswa di 20 SMA/SMK se-Kota Semarang.

(Anggun Puspita/CN33)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
04 September 2014 | 16:31 wib
Dibaca: 4838
image
26 Agustus 2014 | 15:27 wib
Dibaca: 7060
image
24 Agustus 2014 | 16:11 wib
Dibaca: 6824
image
21 Agustus 2014 | 10:34 wib
Dibaca: 6337
image
19 Agustus 2014 | 17:44 wib
Dibaca: 6517
Panel menu tepopuler dan terkomentar
04 September 2014 | 16:31 wib
FOOTER