panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
17 Februari 2012 | 12:20 wib
Kapan Waktu Terbaik Berolahraga? (1)
image

KAPAN saat yang tepat untuk berolahraga? Menyadari akan pentingnya olah raga untuk kesehatan dan kebugaran, berolahraga tentu hal penting.

Namun dengan banyaknya kegiatan dan padatnya jadwal sepekan, seringkali kegiatan berolahraga menjadi terkesampingkan. Perlu waktu dan alasan yang "tepat" untuk berolahraga.

Sebagian memilih rutin berolahraga ringan di setiap pagi hari, entah berupa jogging, jalan kaki, hingga bersepeda. Sebagian memiliki waktu untuk "menggerakkkan badan" di sore atau malam hari dengan treadmill, sepeda stasioner, hingga mesin gym, atau alat olahraga apapun yang dimiliki. Sebagian berolahraga hanya jika sempat dan memiliki waktu luang. Lalu, adakah waktu yang terbaik untuk berolahraga?

Hingga kini belum ada bukti terpercaya yang menunjukkan akan adanya waktu tertentu dalam sehari yang lebih efisien untuk membakar kalori. Namun benar bahwa, waktu dapat mempengaruhi bagaimana perasaan seseorang ketika berolahraga. Meski demikian, hal utama yakni memiliki waktu reguler berolahraga.

Jam Tubuh Anda

Irama sirkadian tubuh Anda, yakni mekanisme genetik yang mengatur pola tidur, menentukan apakah Anda termasuk golongan yang terbiasa tidur larut malam atau terbiasa bangun di awal pagi.

Ritme ini mempengaruhi fungsi tubuh seperti tekanan darah, suhu tubuh, kadar hormon, dan detak jantung, yang semuanya memainkan peran dalam kesiapan tubuh Anda untuk berolahraga.

Jika Anda mengalami masalah dengan konsistensi jam tubuh, pagi mungkin waktu terbaik untuk menyempatkan berolahraga, kata para ahli. "Penelitian menunjukkan, terkait olahraga yang konsisten, individu yang berolahraga di pagi hari cenderung lebih baik," kata Cedric Bryant, PhD, kepala badan sains American Council on Exercise di San Diego.

Berolahraga di pagi hari lebih sesuai, di mana saat itu suhu tubuh lebih rendah, sehingga akan ada cukup waktu pemanasan.

(Linda, MD/CN33)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
17 April 2014 | 13:15 wib
Dibaca: 2650
image
10 April 2014 | 11:00 wib
Dibaca: 2981
image
06 April 2014 | 15:30 wib
Dibaca: 6704
image
05 April 2014 | 08:35 wib
Dibaca: 2910
image
03 April 2014 | 12:20 wib
Dibaca: 5953
Panel menu tepopuler dan terkomentar
03 April 2014 | 12:20 wib
10 April 2014 | 11:00 wib
05 April 2014 | 08:35 wib
FOOTER