panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
27 November 2011 | 08:25 wib
Kreasi Mahasiswa FMIPA UNY
Kripik Sirih Pencegah Ejakulasi Dini
image

SEMAKIN jarangnya wanita yang mengunyah daun sirih, membuat daun sirih semakin jarang dimanfaatkan, padahal daun sirih merupakan tanaman yang memiliki berbagai macam khasiat. Seperti dapat mengatasi bau mulut, sariawan, dan menjadikan gigi lebih kuat. Selain itu daun sirih menahan pendarahan sehingga lazim digunakan sebagai obat mimisan.

Karena begitu banyaknya khasiat daun sirih, sekelompok mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY membuat alternatif olahan dari daun sirih yaitu dijadikan sebagai keripik dengan berbagai macam rasa agar lebih disukai oleh semua kalangan.

Novita Dewi Larassati, Urla Tri Wulanzani, Setia Paranita dan Dita Kristanti mengolah keripik sirih selain bisa menjadi cemilan sehat juga dapat menambah keanekaragaman keripik.

Menurut Novita, mereka membuat keripik sirih itu karena ternyata banyak manfaatnya. "Sirih juga mengandung arecoline di seluruh bagian tanaman yang bermanfaat untuk merangsang saraf pusat dan daya pikir, meningkatkan gerakan peristaltik, dan meredakan dengkuran," katanya.

Bahkan daunnya mengandung eugenol yang mampu mencegah ejakulasi dini, membasmi jamur candida albicans, dan bersifat analgesik atau meredakan rasa nyeri, juga mengandung tannin yang bermanfaat mengurangi sekresi cairan pada vagina, melindungi fungsi hati, dan mencegah diare.

Wulanzani menambahkan, daun sirih mengandung bahan kimia seperti minyak asiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvacrok, eugenol, p-cymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, terpenena, fenil propada, tanin, dan sebagainya.

"Karena kelengkapan kandungan senyawa kimia inilah daun sirih memiliki manfaat yang sangat luas sebagai bahan obat," ujarnya.

Cara membuatnya dijelaskan oleh Setia Paranita, bahan yang diperlukan adalah daun sirih, tepung beras, garam, kemiri, ketumbar, kunir, telur, bawang putih, air, dan minyak goreng.

Pertama kali harus dibuat adonannya dan digunakan untuk membuat keripik sirihnya. Adapun cara membuat adonannya adalah menghaluskan kemiri, ketumbar, bawang putih, kunir dan garam kemudian tepung beras dimasukkan kedalam baskom dan diberi bumbu halus diatas dengan ditambahkan telur dan sedikit air baru diaduk perlahan hingga tercampur merata.

Sedangkan untuk membuat keripik sirih yaitu daun sirih dicuci bersih, direbus untuk mengurangi rasa dan bau anyir dari daun sirih selama 2-3 menit saja karena daun sirih cepat lunak. Angkat dan cuci kembali dengan air bersih kemudian dijemur hingga kering.

Masukkan daun sirih tersebut satu persatu kedalam adonan tepung dan digoreng dengan minyak yang sudah panas, bila sudah matang angkat dan tiriskan kemudian taburi dengan variasi rasa dan memastikannya telah tercampur secara merata.

Keripik sirih itu berhasil mendapatkan dana dari Dikti dalam Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tahun 2011 bidang kewirausahaan.

(Bambang Unjianto/CN33)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
04 September 2014 | 16:31 wib
Dibaca: 3062
image
26 Agustus 2014 | 15:27 wib
Dibaca: 5254
image
24 Agustus 2014 | 16:11 wib
Dibaca: 5573
image
21 Agustus 2014 | 10:34 wib
Dibaca: 5126
image
19 Agustus 2014 | 17:44 wib
Dibaca: 5320
Panel menu tepopuler dan terkomentar
04 September 2014 | 16:31 wib
FOOTER