panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
03 November 2011 | 01:30 wib
Mangga, Si Raja Buah yang Kaya Gizi
image

RAJANYA buah. Mangga adalah buah yang populer kandungan nutrisinya yang kaya; serta rasanya yang manis dan aromanya yang unik. Buah super dengan nama latin Mangifera Indica ini termasuk salah satu buah tropis yang hanya tumbuh pada musimnya.

Mangga matang dengan ukuran panjang 5 sampai 15 cm, serta lebar 4 sampai 10 cm dengan bentuk yang khas "mangga", yaitu oval atau bulat. Bobotnya berkisar dari 150 gram hingga 750 gram.

Kulit luar mangga halus berwarna hijau, kuning keemasan, kuning terang atau oranye. Daging buahnya berair, kaya rasa, sedikit serat dan memiliki rasa manis dengan tingkat kemasaman yang rendah.

Manfaat Mangga untuk Kesehatan

Buah mangga kaya akan serat makanan pre-biotik, vitamin, mineral, dan senyawa flavonoid antioksidan poli-fenolik.

Menurut studi penelitian baru, buah mangga terbukti dapat melawan penyakit pada usus besar, serta kanker leukemia, payudara, dan prostat. Beberapa studi percobaan menunjukkan bahwa adalah senyawa polifenol anti-oksidan dalam mangga sebagai penawar perlindungan terhadap kanker.

*  Buah mangga adalah sumber Vitamin A dan flavonoid seperti beta-karoten, alfa-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Dalam 100 gram buah mangga segar, terkandung 765 mg, yang juga setara 25% kebutuhan harian, vitamin A. Kandungan ini sangat baik untuk kesehatan mata, serta selaput lendir dan kulit.

*  Mengkonsumsi buah yang kaya karoten juga dapat melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan rongga mulut.

*  Mangga segar adalah sumber kalium, komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangga juga mengandung pektin, bahan serat yang dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.

*  Buah ini juga menjadi sumber vitamin B6 (pyridoxine), C dan E. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap penyakit menular dan radikal bebas berbahaya. Sedang Vitamin B-6 diperlukan untuk produksi hormon GABA di otak yang mengontrol kadar homocystiene dalam darah. Vitamin E antara lain bermanfaat bagi kesehatan kulit dan dalam pengaturan hormon seks seseorang.

*  Selain itu kandungan zat besi dalam bentuk mangan dan seng juga baik untuk produksi sel darah merah, sehingga disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan penderita anemia.

(linda/CN33)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
24 Juli 2014 | 15:17 wib
Dibaca: 252
image
22 Juli 2014 | 11:52 wib
Dibaca: 579
image
20 Juli 2014 | 17:49 wib
Dibaca: 909
image
16 Juli 2014 | 14:53 wib
Dibaca: 1727
image
15 Juli 2014 | 08:13 wib
Dibaca: 1906
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER