panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
25 Oktober 2011 | 20:24 wib
Sumber-sumber Kalsium Selain Susu
image

KALSIUM pada berbagai produk, utamanya dalam bentuk susu, yang kita konsumsi biasanya ditujukan untuk mencegah osteoporosis (keropos tulang).

Lebih dari itu, kalsium ternyata penting bagi metabolisme tubuh kita. Kalsium juga diperlukan bagi kinerja jantung, sebagai penghubung antar saraf, serta untuk pergerakan otot.

Kalsium bagi kita juga penting sebagai pernormal tekanan darah dan penyeimbang tingkat keasaman darah.

Asupan kalsium penting bagi kita. Sebab kandungan kalsium pada tubuh manusia akan konstan menurun sebanyak 1% per tahun sejak usia dua tahun.

Setelah umur 50 tahun, jumlah kandungan kalsium dalam tubuh juga akan menyusut sebanyak 30%. Kehilangan kalsium bahkan akan mencapai 50% ketika seseorang berumur 70 tahun.

Gejala seperti lesu, berkeringat lebih, gelisah, sesak napas, menurunnya daya tahan tubuh, kurang nafsu makan, hingga kram perut saat haid pada umumnya menjadi indikator kurangnya kalsium dalam tubuh.

Sumber Kalsium
Salah satu sumber kalsium yang lazim dikonsumsi yaitu susu beserta turunannya, seperti es krim, susu bubuk, keju dan yoghurt. Sayangnya, tidak semua orang suka atau "dapat" meminum susu. Resistensi terhadap susu dapat terjadi pada siapa saja.

Namun tahukah, ternyata sumber kalsium tidak hanya dari susu. Ada banyak sumber kalsium selain susu yang baik dikonsumsi.

Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau tua, seperti brokoli, bayam, sawi, daun singkong, daun pepaya dan kangkung mengandung kalsium selain berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Serealia, Ikan dan Kedelai
Gandum atau serealia, ikan dan tulangnya, serta olahan kedelai seperti tempe dan tahu baik disajikan untuk menu harian. Ketiganya memiliki kandungan kalsium.

Jeruk
Buah jeruk juga mengandung kalsium. Irisan jeruk segar akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan tulang.

Kacang Almond
Segenggam almond mengandung kalsium dan vitamin E yang baik untuk kesehatan kuku dan rambut. Kacang-kacangan pada umumnya juga memiliki kandungan kalsium.

Untuk membantu penyerapan kalsium pada tubuh, sebaiknya hindari pengkonsumsian kafein dan garam dalam jumlah tinggi, serta selalu berolahraga.

Semoga bermanfaat...

(linda/CN33)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
04 September 2014 | 16:31 wib
Dibaca: 9888
image
26 Agustus 2014 | 15:27 wib
Dibaca: 11938
image
24 Agustus 2014 | 16:11 wib
Dibaca: 9959
image
21 Agustus 2014 | 10:34 wib
Dibaca: 9192
image
19 Agustus 2014 | 17:44 wib
Dibaca: 9391
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER