panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
20 Januari 2010 | 15:51 wib
Penanganan Gondongan pada Anak
image

Saya mempunyai seorang putra berumur 6 tahun. 2 hari yang lalu ada benjolan di bawah telinganya kanan dan kiri, benjolannya agak besar, nyeri dan disertai demam tinggi. Oleh dokter dikatakan bahwa anak saya terkena gondongan. Yang ingin saya tanyakan adalah :
1. Gondongan itu penyebabnya apa, dan penularannya lewat mana ya dok? karena hampir separuh teman-teman satu kelasnya sakit gondong juga.
2. Apakah benar antibiotic tidak perlu dipakai untuk pengobatan penyakit gondong? Lalu apa yang bisa saya lakukan dirumah untuk mempercepat penyembuhan anak saya?
3. Apakah gondongan akan menimbulkan komplikasi yang berbahaya?
4. Apa perbedaan gondongan dengan gondok itu?

Sriningsih - Semarang

Jawaban :

1. Gondongan atau dalam bahasa medis Mumps, parotitis epidemika adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi kelenjar air liur di mulut, terutama kelenjar parotis yang terletak pada tiap-tiap sisi muka tepat dibawah dan didepan telinga oleh virus (paramyxovirus).
Biasanya penularan virus Mumps ini melalui percikan ludah yang berasal dari bersin atau batuk penderita atau karena bersentuhan langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi oleh ludah penderita.

2. Gondongan termasuk penyakit Self Limiting Diseases, yaitu penyakit yang dapat sembuh sendiri tanpa diobati penyebabnya. Antibiotik tidak dapat membunuh virus penyebab gondongan. Pengobatan hanya ditujukan untuk gejalanya saja. Misalnya untuk demam dan nyeri bisa digunakan analgetik dan antipiretik seperti parasetamol atau ibuprofen. Virus biasanya akan disingkirkan oleh tubuh setelah beberapa hari. Oleh karena itu factor daya tahan tubuh sangat berperan, untuk itu perlu juga diberikan obat-obat immunomodulator agar daya tahan tubuh meningkat.
Yang bisa ibu lakukan dirumah adalah mengompres pipi yang bengkak dengan air dingin, sedangkan untuk mengurangi demam adalah dengan mengompres dengan air hangat pada ketiak dan selangkangan anak. Asupan makanan yang bergizi harus ibu perhatikan dan suruhlah si kecil untuk banyak istirahat, dengan demikian akan mempercepat penyembuhannya.
Untuk menjadikan perhatian : aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak karena memiliki resiko terjadinya sindroma Reye.

3. Ibu Sriningsih tidak perlu khawatir, kebanyakan penyakit ini menyerang anak-anak yang berumur 2-12 tahun dan jarang ditemukan pada anak yang berumur kurang dari 2 tahun.
Hampir semua anak yang menderita gondongan akan sembuh total tanpa penyulit, tetapi kadang gejalanya kembali memburuk setelah sekitar 2 minggu. Bila tidak ditangani dengan baik, dapat terjadi infeksi yang menyerang organ selain kelenjar air liur, seperti buah zakar dan prostat pada lelaki, serta indung telur dan payudara pada perempuan. Namun hal ini terjadi setelah masa pubertas.

4. Gondong dan gondok jelas sangat berbeda, baik gejala, penyebab, letak hingga pengobatannya. Gondok adalah penyakit yang disebabkan oleh pembesaran kelenjar tiroid, yang bisa disebabkan oleh infeksi maupun hipertiroid. Yang membengkak adalah kelenjar tiroid yang letaknya di leher. Bukan di pipi ataupun dibawah telinga. Dan Gondok bisa diketahui ketika menelan ludah, karena kelenjar tiroid akan bergerak keatas.

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

[Dr. Diyah Ika Murianto]

======

Untuk pembaca yang ingin berkonsultasi, silahkan mengirimkan email ke: vallen@suaramerdeka.com

 

(Nv@/CN15)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
04 September 2014 | 16:31 wib
Dibaca: 10887
image
26 Agustus 2014 | 15:27 wib
Dibaca: 12906
image
24 Agustus 2014 | 16:11 wib
Dibaca: 10238
image
21 Agustus 2014 | 10:34 wib
Dibaca: 9402
image
19 Agustus 2014 | 17:44 wib
Dibaca: 9649
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER