panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
12 Oktober 2009 | 12:33 wib
Makanan Perusak Fungsi Ginjal
image


     
Ginjal berfungsi sebagai penyaring darah dalam tubuh. Ada beberapa makanan yang bisa memperberat kerja ginjal. Akibatnya, ginjal jadi cepat aus dan tidak dapat bekerja secara sempurna.

1. Jengkol

Para penggemar jengkol, tentu sering merasakan gangguan saat hendak buang air kecil. Jengkol mengandung kristal atau jengkolic acid. Asam jengkol ini yang jadi kristal dan kemudian menyumbat saluran kencing. Saluran kencing yang tertutup membuat sampah atau racun tidak dibuang. Akibatnya bisa timbul infeksi saluran kemih. Bila tidak ditangani, kondisi demikian akan merambat ke organ ginjal.

2. Obat pelangsing

Konsumsi obat pelangsing yang tidak benar, yakni dengan cara pengurangan cairan di dalam tubuh dalam jumlah besar, turut menyumbang kejadian gagal ginjal. Berat badan memang akan turun akibat diare atau dehidrasi karena kencing berlebihan, tetapi fungsi ginjal menjadi terganggu.

3. Obat amfetamin

Obat jenis ini membuat orang sulit tidur. Akibatnya, pembakaran energi berjalan terus. Amfetamin itu dapat menyempitkan pembuluh darah. Akibatnya, darah yang bergerak ke ginjal akan berkurang. Pada akhirnya ginjai kekurangan asupan makanan.

4. Antibiotik dan pereda nyeri

Tak hanya obat untuk pelangsing atau amfetamin saja yang bisa merusak fungsi ginjal. Penggunaan obat pereda nyeri, antibiotika, atau steroid secara terus-menerus dalam jumlah berlebih dalam beberapa bulan dapat menyebabkan sakit ginjal.

5. Obat herbal

Obat maupun suplemen herbal, bikinan dalam negeri maupun impor, ternyata memiliki risiko merusak ginjal. Sebaiknya kita menolak suplemen dan obat herbal yang manjur dan cespleng karena berarti tidak murni herbal, tetapi ada kandungan kimia obat yang dosisnya tidak terkontrol. Jika harus meminumnya, pilih obat atau suplemen herbal yang telah mendapat izin dari FDA dan BPOM.

(SS/dila)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
image
04 September 2014 | 16:31 wib
Dibaca: 13011
image
26 Agustus 2014 | 15:27 wib
Dibaca: 14955
image
24 Agustus 2014 | 16:11 wib
Dibaca: 11082
image
21 Agustus 2014 | 10:34 wib
Dibaca: 9950
image
19 Agustus 2014 | 17:44 wib
Dibaca: 10249
Panel menu tepopuler dan terkomentar
FOOTER