panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
05 September 2014 | 18:59 wib
Buku CPNS Kerek Omzet

SOLO, suaramerdeka.com - Musim pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) membuat omzet sejumlah toko buku di Solo terkerek. Puluhan judul buku yang disediakan laku diburu pelanggan.

Store Manager Gramedia Solo, Bernardus Singgih H menyebutkan, pihaknya menyediakan sekitar 20 judul buku dari 7 penerbit  persiapan tes CPNS. Sejak bulan kemarin penjualannya mengalami peningkatan. Bahkan pasokan beberapa judul buku sempat kehabisan. Namun memasuki masa pendaftaran seperti sekarang ini, penjualan mulai melandai walaupun terus ada.

"Buku CPNS yang tidak berbasis computer assisted test (CAT) tidak diminati sama sekali tahun ini. Sementara buku yang update bahkan sudah dilengkapi dengan CD simulasi CAT. Ini yang banyak dicari," papar dia saat dijumpai di Toko Buku Gramedia Solo Square, Jumat (5/9).

Singgih menyampaikan, pasokan buku sudah ditambah sejak beberapa bulan lalu. Diperkirakan, sudah sekitar 2.000 eksemplar buku CPNS dengan berbagai judul yang sudah terjual. Di samping buku contoh soal tes CPNS, buku pengetahuan umum dan ensiklopedi juga turut naik permintaannya.

Penjualan buku CPNS ini mampu meningkatkan omzet toko hingga 10 persen. Kendati demikian, penyumbang pendapatan terbesar masih berasal dari penjualan buku agama dan buku anak.

"Memang jika diurutkan dalam kategori top 10 atau top 100, ada sejumlah judul buku tes CPNS yang masuk daftar. Namun jika berdasar kelompok, buku CPNS kontribusi penjualannya belum terlalu banyak," terangnya.

Sementara itu, Store Manager Toko Buku Togamas Arief Susanto mengatakan, diperpanjangnya masa pendaftaran tes CPNS membuat keramaian penjualan buku yang berkaitan menjadi lebih panjang.

Togamas menyediakan sebanyak 25 judul buku tes CPNS dari 10 penerbit. Penjualan buku-buku ini mampu mengerek penjualan hingga 15 persen dari bulan biasanya. "Sampai saat ini, buku tes CPNS terjual hingga 1.175 eksemplar. Namun jumlah ini belum menghitung buku-buku psikotes yang penjualannya juga naik belakangan ini."

( Astuti Paramita / CN33 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Solo Terbaru
05 September 2014 | 22:45 wib
Dibaca: 191122
image
05 September 2014 | 22:00 wib
Dibaca: 188670
05 September 2014 | 18:59 wib
Dibaca: 49156
05 September 2014 | 18:18 wib
Dibaca: 4422
05 September 2014 | 17:56 wib
Dibaca: 4374
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER