panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
04 November 2011 | 14:11 wib
2012 Ujian Tulis Diterapkan pada Sertifikasi Guru

Semarang, CyberNews. Mulai 2012 mendatang proses sertifikasi akan mengalami perubahan. Guru sebagai peserta sertifikasi akan menjalankan ujian tulis sebelum mengikuti seleksi portofolio atau Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG).

Ketua PGRI Kota Semarang Ngasbun Egar mengatakan, para peserta sertifikasi tahun 2012 mendatang harus lebih mempersiapkan diri, mengingat ada dua catatan penting yang perlu dipahami dalam proses sertifikasi. Mereka akan menjalani seleksi atau ujian awal dan ada penekanan tingkat usia sebagai kriteria pertama dalam penentuan peserta sertifikasi.

''Sebelum proses sertifikasi dengan pola PLPG atau portofolio, calon peserta terlebih dahulu akan dites melalui uji kompetensi awal. Pelaksanaan ujian awal tersebut dilaksanakan secara online dan diperkirakan berlangsung pada Januari mendatang. Semua soal dalam ujian awal ini dikendalikan langsung sepenuhnya dari pusat, begitupula penentuan kelulusannya,'' ungkapnya, Jumat (4/11).

Calon peserta yang lulus pada ujian awal tersebut, selanjutnya bisa mengikuti proses sertifikasi dengan pola PLPG. Sedangkan, yang tidak lulus terpaksa harus berhenti untuk diusulkan pada periode sertifikasi berikutnya.

Sementara, soal usia juga menjadi kriteria pertama untuk menentukan peserta sertifikasi. Proses sertifikasi nanti akan memprioritaskan guru berdasarkan tingkat usianya. Mereka yang akan pensiun akan didahulukan dalam proses sertifikasi, baru kemudian melihat masa kerja, pangkat dan golongan, serta kriteria lainnya.

''Alasan penekanan usia pada proses sertifikasi ini untuk memberi kesempatan bagi guru-guru yang sudah cukup usia atau yang mendekati masa pensiun. Selain itu, umur dianggap sebagai data yang paling akurat dibanding data masa kerja yang gampang dimanipulasi,'' jelas Ketua Panitia Sertifikasi Guru Rayon 39 itu.

Maka dari itu, lanjut dia, pihaknya menghimbau kepada para guru yang menjadi calon peserta sertifikasi untuk lebih dini mempersiapkan diri dengan meningkatkan kualitas, baik dari sisi kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosialnya.

Adapun saat ini, data online NUPTK para guru sudah final, tetapi LPMP dan Dinas Pendidikan masih diberi kesempatan untuk melakukan revisi data yang keliru hingga bulan Desember. ''Diharapkan Januari nanti data sudah final dan sudah dikirim ke LPTK. Begitu LPTK menerima tentu langsung melakukan kegiatan berkait dengan penyelenggaraan sertifikasi, mulai dari verifikasi data peserta, ujian tes awal, dan proses-proses berikutnya,'' tandasnya.

( Anggun Puspita / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share
Baca Juga


Panel menu
Semarang Terbaru
24 Juli 2014 | 10:58 wib
Dibaca: 99
24 Juli 2014 | 09:21 wib
Dibaca: 203
24 Juli 2014 | 08:15 wib
Dibaca: 552
24 Juli 2014 | 07:00 wib
Dibaca: 239
24 Juli 2014 | 06:00 wib
Dibaca: 366
Panel menu tepopuler dan terkomentar
Berita Terpopuler
FOOTER