panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
05 September 2014 | 06:10 wib
Isu BBM Sebabkan Harga Sejumlah Komoditi Holtikultura Jatuh

JAKARTA, suaramerdeka.com - Isu kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang mewarnai media massa turut andil dalam kejatuhan harga beberapa komoditas holtikultura. Kejatuhan harga terjadi pada komoditas cabai, bawang merah, dan gula tebu hingga ke titik terendah.

Ketua Asosiasi Bank Benih Tani (AB2TI) Wilayah Nganjuk Jawa Timur menyatakan beberapa minggu terakhir harga tiga komoditas yakni cabai, bawang merah, dan gula turun drastis. Hal ini membuat petani merugi hingga bangkrut.

"Kejatuhan harga sudah hampir dua bulan, ini terendah harganya. Kali ini penyebabnya karena isu BBM, selain itu setelah Lebaran produksi melimpah," katanya kepada di Jakarta, Kamis (4/9).

Dia mengatakan paska Gunung Kelud di Kediri meletus beberapa waktu lalu, harga cabai melonjak. Namun, saat petani di sekitar Kediri kembali menanam dan hasilnya bagus kondisi harga justru jatuh.

"Saya melakukan pantauan sendiri. Di pasar harga cabai tetap Rp 10 ribu, bedanya jauh sekali dengan apa yang didapat petani. Ternyata masalahnya karena ongkos angkut naik akibat BBM sempat langka dan ada isu dinaikan," paparnya.

Dia mengakui kebijakan pemerintah yang membuka keran impor produk holtikultura seperti cabai, bawang merah, dan gula membuat harga di tingkat petani jatuh. "Harga sekarang sudah hancur-hancuran, kami bangkrut," keluhnya.

Menurutnya, jatuhnya harga komoditas-komoditas tersebut menjadi yang terendah. Namun, belum ada aksi konkret dari pemerintah baik pusat maupun daerah untuk membantu petani. Padahal, petani sangat kesulitan bahkan sampai membakar ladang cabai karena tidak sanggup membayar ongkos panen.

( Kartika Runiasari / CN26 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 218356
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 236019
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 237042
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 256361
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 238035
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER