panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
22 Agustus 2013 | 15:48 wib
APBD Perubahan, Bupati Minta Tambahan Rp 117 Miliar


KARANGANYAR, suaramerdeka.com
- Untuk menyempurnakan rencana pembangunan jangka pendek tahun 2013 ini, Bupati meminta tambahan dana melalui Anggaran Pendapatan belanda Daerah (APBD) Perubahan, sebesar Rp 117,291 miliar.

Dana itu akan digunakan sebagian besar pada bidang infrastruktur dan kesehatan. Beberapa perbaikan jalan yang masih belum terlaksana dan menjadi sumber konflik dengan masyarakat, akan dibenahi pada akhir tahun pemerintahan Bupati Rina Iriani yang akan habis pada 15 Desember ini.

‘’Memang anggaran sebesar itu akan digunakan hampir 75 % untuk perbaikan infrastruktur. Terutama jalan Adisumarmo yang selama ini menjadi sumber konflik dam jalan lingkar utara dan selatan. Jalan itu akan ditingkatkan dengan biaya hampir Rp 14 miliar,’’ kata Sekda Drs Samsi MSi.

Ditemui usai penandatangan KUA PPAS (Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara) APBD Perubahan di Gedung DPRD, dia didampingi Kepala Bappeda Sutarno, mengatakan untuk tiga jalur utama itu akan ada perbaikan total. Kondisi jalan tersebut sudah sangat parah, padahal pembangunan jalan lingkar itu untuk pemberdayaan ekonomi di wilayah sekitarnya. Dengan pengalihan jalur lalu lintas di jalan lingkar itu, maka perekonomian di wilayah sekitarnya akan terangkat.

‘’Khusus untuk jalan di Colomadu, selama ini masyarakat sudah selalu protes, bahkan mengancam akan bergabung ke Pemkot Surakarta meski itu hanya sekadar ancaman. Sebab proses untuk itu jelas bukan persoalan mudah. Namun itu menjadi masukan bagi kami sehingga dianggarkan cukup besar untuk perbaikan total,’’ jelasnya.

Dana sebesar Rp 14 miliar itu, untuk peningkatan jalan di tiga tempat itu, dan diharapkan sudah tidak akan menjadi masalah, paling tidak untuk jangka pendek. Jangka panjangnya sudah ada rencana wacana menyerahkan jalan Adi Sumarmo menjadi jalan provinsi, namun prosesnya juga masih panjang.

Selain untuk perbaikan jalan, juga akan digunakan untuk pembangunan dan penggantian traffic light di Tegalgede dan Sroyo, serta pemberdayaan Radio Swiba, radio milik pemerintah daerah yang saat ini masih berfungsi baik untuk penyiaran pembangunan Pemkab Karanganyar.

Sementara itu anggaran yang juga sangat penting adalah mencakup dana Jamkesda, untuk mendukung kekurangan dana Jamkesmas yang menurun penerimaannya pada tahun 2013 ini. Jamkesda masih memerlukan sekitar Rp 4,5 miliar sampai kebutuhan Desember.

‘’Kalau dana sebesar itu bisa dikabulkan dam disetujui DPRD, maka kebutuhan pencakupan warga yang tidak masuk ke Jamkesmas akan terpenuhi. Bahkan untuk kebutuhan pasien haemodialisa atau cuci darah yang selama ini cukup besar kebutuhannya,’’ kata Kadinkes dokter Cucuk Heru Kusumo.

( Joko Dwi Hastanto / CN34 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 12806
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 13560
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 13333
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 15706
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 12909
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER