panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
04 Juni 2013 | 03:39 wib
Baru 65 BPBD yang Bisa Susun Rencana Penanggulangan Bencana

MAGELANG, suaramerdeka.com – Lebih dari 300 BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) yang belum bisa menyusun rencana penanggulangan bencana. Karena tak memiliki SDM yang ahli dan terkendala keterbatasan dana.

Padahal memiliki peta resiko bencana dan program penanggulangan bencana sangat penting. Karena dua hal itu dijadikan pedoman dalam upaya menekan dampak buruk yang berpotensi muncul saat benar-benar terjadi bencana.

"Disamping itu menjadi acuan untuk menyusun rencana tata ruang dan tata wilayah (RTRW) yang berbasis penanggulangan bencana, lima tahun ke depan," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Senin (3/6).

Ia melukiskan, dari 372 daerah yang telah memiliki BPBD, baru 65 yang bisa memiliki rencana penangulangan bencana (RPB). 65 daerah tadi meliputi 33 pemerintah provinsi, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Pacitan.

Atas dasar kenyataan itu, BNPB mulai tahun ini akan membantu membuatkan RPB dan peta resiko bencana untuk daerah-daerah yang belum memiliki RPB, untuk 30 kota/kabupaten dengan nilai anggaran Rp 600 juta per kota/kabupaten.

Kepala Sekretariat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Ratna Yulianty, mengatakan, tahun ini, Kabupaten Magelang tengah berupaya bersiap menyusun RPB, dengan bantuan dana Rp 200 juta dari United Nations Development Programme (UNDP).

Penyusunan RPB melibatkan tenaga ahli dari Pusat Studi Mitigasi Bencana Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta. Setelah memiliki RPB diharapkan, aktivitas untuk penanggulangan bencana dapat lebih terarah dan terlaksana secara optimal.

Dalam RPB tersebut, terdiri dari 10 sektor aktivitas penanggulangan bencana dengan melibatkan berbagai dinas dan instansi terkait.

( Tuhu Prihantoro / CN39 / SMNetwork )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
31 Agustus 2014 | 06:57 wib
Dibaca: 230
31 Agustus 2014 | 06:43 wib
Dibaca: 198
31 Agustus 2014 | 06:29 wib
Dibaca: 372
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER