panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
19 Desember 2012 | 23:30 wib
Antisipasi Flu Itik, Disnakan Perketat Pengawasan di Perbatasan


UNGARAN, suaramerdeka.com -
Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Semarang, Anang Dwinanta mengaku kesulitan melakukan pencegahan penyebaran virus AI baru yang berakibat pada matinya unggas air seperti bebek dan itik. Kesulitan tersebut menurut dia lebih disebabkan karena tidak adanya pengawasan khusus perlintasan di wilayah perbatasan.

"Memang sulit mencegah masuknya itik terinveksi virus AI baru, terutama peredaran itik yang masuk ke warung makan. Perlu diketahui, tidak semua perdagangan ternak itu berizin. Terlepas dari itu semua, kami akan berupaya memperketat pengawasan di perbatasan antar kabupaten, pasar hewan, dan di lingkungan masyarakat," katanya, Rabu (19/12).

Berdasarkan data, ada sejumlah peternakan itik di Jawa Tengah yang diduga terinfeksi flu itik yang merupakan hasil mutasi dari virus H5N1 (flu burung). Data Disnakan Kabupaten Semarang menyebutkan, populasi itik di Kabupaten Semarang mencapai 200 ribu. Sedangkan peternakan itik banyak ditemui di pinggiran Rawa Pening.

"Saya belum mendapat laporan mengenai serangan virus flu itik di Kabupaten Semarang. Sebagai antisipasi awal, petugas penyuluh lapangan sudah kami perintahkan untuk menekankan pentingnya kebersihan kandang termasuk memberikan suplemen organik berupa kunyit," ungkapnya.

Pihaknya menghimbau masyarakat secepat mungkin melaporkan temuan dugaan flu itik. Jika diperlukan, petugas Disnakan Kabupaten Semarang akan melakukan penyemprotan disinfektan.

"Virus ini bisa menyerang manusia. Meski demikian, warga tidak perlu khawatir dan panik asalkan memasak daging serta telor itik secara benar. Yakni minimal 80 derajat celsius selama 10 menit," tukas Anang.

( Ranin Agung / CN32 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
25 April 2014 | 00:24 wib
Dibaca: 173
image
25 April 2014 | 00:10 wib
Dibaca: 201
24 April 2014 | 23:57 wib
Dibaca: 207
24 April 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 256
24 April 2014 | 23:35 wib
Dibaca: 383
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER