panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
18 November 2012 | 22:03 wib
Empat Kecamatan di Purworejo Rawan Banjir


PURWOREJO, suaramerdeka.com -
Curah hujan yang mulai tinggi belakangan ini membuat warga yang tinggal di daerah rawan bencana banjir diminta agar meningkatkan kewaspadaan.

Kantor Kebangpolinmas memetakan, wilayah selatan Kabupaten Purworejo termasuk daerah yang punya potensi besar terkena banjir jika curah hujan tinggi. Terutama daerah-daerah yang berada di hulu sungai Bogowonto, sungai Jali, dan sungai Dulang.

Kepala Kantor Kesbangpolinmas Boedi Hardjono yang dimintai konfirmasi melalui Kasi Linmas Hardoyo menyebutkan, setidaknya ada empat kecamatan langganan banjir di Purworejo, yakni Kecamatan Bagelan meliputi lima desa yakni Desa Bagelen, Bapangsari, Bugel, Dadirejo, dan Kalirejo.

Selanjutnya Kecamatan Banyuurip di Desa Bajangrejo, Banyuurip, Bencorejo, Borokulon, Candingasinan, Cadisari, Cengkawakrejo, Popongan, dan Seborokrapyak.

Kemudian Kecamatan Bayan di Desa Bayan, Besole, Botodaleman, Botorejo, Krandegan, Pogungrejo, Tangkisan, dan Tajungrejo. Kecamatan Butuh di Desa Kedungagung, Butuh, Kedungmulyo, Kedungsri, Ketug, Panggeldlangu, Polomarto,
Rowodadi, Sidomulyo, Sumbersari, Tamansari, Tanjunganom, dan Tegalgondo

Selain rawan banjir, musim hujan juga berpotensi memicu terjadinya longsor di wilayah rawan. "Bagi warga yang tinggal di daerah perbukitan agar waspada. Apalagi hujan yang turun belakangan ini intensitasnya cukup deras dan berlangsung lama," katanya.

Hardoyo menjelaskan, pemetaan daerah rawan bencana tanah longsor di Kabupaten Purworejo terdapat di sembilan kecamatan. Antara lain Kecamatan Purworejo sebanyak 12 desa, Kaligesing 21 desa, Loano 21 desa, Bener 28 desa, Gebang 25 desa, Kemiri 41 desa, Pituruh 49 desa, Bruno 17 desa, dan Bagelen 17 desa.

( Nur Kholiq / CN32 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 5691
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 6344
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 6134
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 7657
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 5907
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER