panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
08 Juni 2012 | 19:59 wib
Proses Amdal Pasar Bulu Dilaporkan Pusat

SEMARANG, suaramerdeka.com - Proses penyusunan analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal) Pasar Bulu akan dilaporkan ke pusat. Hal itu diungkapkan Kabid Pengkajian Dampak dan Pengembangan Teknologi Lingkungan pada BLH Jateng, Otniel Moeda, saat dihubungi Jumat (8/6). Otniel menegaskan, pihaknya mengetahui adanya kesalahan dalam proses itu.

"Saya mengetahui adanya persoalan dalam penyusunan Amdal tersebut. Sebagai pengawas yang kewenangannya ditunjuk oleh pemerintah pusat, kewajiban saya adalah melaporkan persoalan tersebut ke mereka. Arahan berikutnya menunggu pusat," jelas Otniel.

Meski demikian, dia berpendapat, rapat terakhir pembahasan Amdal di BLH Semarang seharusnya ditunda mengingat permasalahan yang ada. Dia bahkan mengungkapkan, pembongkaran gedung Pasar Bulu yang lama baru bisa dikerjakan setelah Amdal jadi. Jika belum, maka proyek tersebut bisa dianggap bermasalah yang implikasinya bisa berujung pada hukum.

"Amdal menjadi dasar pembuatan izin lingkungan. Sementara proyek pembongkaran sendiri seharusnya dilakukan setelah mendapat izin itu. Jadi jelas ada persoalan di sini," jelasnya.

Dia memberi contoh, kasus Saripetojo di Solo juga mengalami hal serupa. Gedung itu sempat dibongkar meski Amdal belum keluar. Namun, kegiatan itu akhirnya dihentikan dulu sembari menunggu proses Amdal tersebut. Dia juga menegaskan, Amdal adalah dokumen publik yang bisa diakses masyarakat. Karena itu, benar tidaknya suatu proyek dijalankan bisa dilihat kali pertama dari dokumen itu.

Seperti yang diberitakan kemarin, akademisi Unika Soegijapranata Djoko Setijawarno mengungkapkan persoalan proyek Revitalisasi Pasar Bulu yang menyangkut Amdal. Ada persoalan di nama-nama tenaga yang mengerjakannya yang tak sesuai dengan aturan.

"Saya tak ingin dianggap mempersulit proyek itu. Saya justru berniat membantu dengan harapan pemerintah bisa lepas dari jeratan hukum yang mungkin saja bisa terjadi bila prosesnya seperti ini," tegasnya.

Sementara Sekretaris Dinas Pasar Fajar Purwoto menyatakan jika tak ada persoalan dengan proses Amdal itu. Minggu depan, proyek tersebut akan memasuki tahap pelelangan.

( Adhitia A / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 5579
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 6231
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 6016
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 7517
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 5798
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER