panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
20 Februari 2012 | 11:00 wib
Permohonan Pengakuan Anak di Luar Nikah Lewat Pengadilan Negeri

 

JAKARTA, suaramerdeka.com - Permohonan pengakuan terhadap hubungan hak keperdataan dari ayah biologisnya bisa diajukan melalui gugatan ke Pengadilan Negeri. Dalam masyarakat masih terdapat ayah biologis yang tidak mau mengakui anak yang lahir di luar nikah.

Hal itu membuat anaknya menjadi terlantar. Adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terbaru menjadikan anak-anak bisa mendapatkan hak keperdataan sehingga tidak bisa lagi terlantar."Gugatan diajukan ke Pengadilan Negeri (PN) dengan mengajukan gugatan perdata," jelas pengacara publik David Tobing, Senin (20/2).

Dikatakannya, gugatan tidak diajukan ke Pengadilan Agama (PA) oleh karena pengadilan ini hanya menghukum perkara adalah berdasarkan adanya surat nikah.

"Gugatan perdata di Pengadilan Negeri ada dua yaitu wanprestasi atau perbuatan melawan hukum (PMH). Gugatan untuk hak keperdataan anak terhadap ayah biologisnya melalui gugatan perbuatan melawan hukum. Kalau wanprestasi kan harus ada perjanjian dulu, tapi kalau ini kan karena ayah biologis ingkar," ungkapnya.

Dia menyarankan, bila pihak ibu ingin memenangkan perkara tersebut, maka harus menyiapkan bukti-bukti yang cukup untuk meyakinkan hakim. Bukti itu bisa berupa hasil tes DNA, foto, surat tertulis, saksi dan bukti otentik lainnya.  "Pengalaman saya, cukup dengan foto dan saksi. Tidak sampai tes DNA," tandasnya.

Dikatakan David Tobing, dalam permohonan gugatan itu berisikan juga agar ayah biologis membiayai hak-hak anaknya. Misalnya biaya sekolah, biaya hidup, biaya kesehatan dan sebagainya. Jumlah besarnya nilai tuntutan harus logis dan tidak mengada-ada.

David pernah memenangkan perkara gugatan ini pada 2002 atau sebelum putusan MK, sekitar tahun 2002.  Dia mengaku saat itu  mendampingi kliennya yang merupakan istri siri. Pria itu kini duduk di kursi pemerintahan. Gugatan  ini menggunakan bukti foto saat ayah biologis tersebut menunggui proses kelahiran anaknya. Bukti lain adalah dengan keterangan saksi terkait. "Klien saya tidak perlu sampai tes DNA," tegasnya.

( Budi Yuwono / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 15308
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 16207
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 15971
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 18538
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 15454
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER