panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
17 Februari 2012 | 12:53 wib
Machicha Mochtar Sambut Gembira Putusan MK

JAKARTA, suaramerdeka.com - Penyanyi dangdut Machica Mochtar tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya terkait keputusan Mahkamah Konstitusi yang mengabulkan permohonannya. Istri pernikahan siri almarhum Moerdiono ini matanya berkaca-kaca.

Putusan Mahkamah Konstitusi menyatakan negara harus mengakui anak yang lahir di luar pernikahan tetap mempunyai hubungan keperdataan dengan ayah biologisnya. "Ini bukan hanya kemenangan buat Iqbal tapi kemenangan buat anak lain di Indonesia. Mereka kini mendapat hak yang seharusnya didapat,"kata  Machica Mochtar  di gedung MK, di Jakarta, Jumat (17/2).
 
Dia merasa hak anaknya, M Iqbal Ramadhan tidak dipenuhi oleh Moerdiono semasa hidup. Misalnya uang bulanan dan biaya sekolah. "Anak-anak punya hak untuk mendapatkan pengakuan dari ayah biologisnya. Kalau Iqbal mau sekolah ini kan penting sekali," papar Machica.

Penyanyi asal Makassar ini mengaku sangat bersyukur dan mengucapkan terimakasih atas putusan MK tersebut. Sebab kini semua hal yang mengganjal terkait status anak telah jelas pokok permasalahannya. "Saya mengapresiasi keputusan ini. Dengan adanya putusan ini beban yang mengganjal hilang,"tegasnya.

Dia menyatakan, setelah putusan MK ini, dirinya ada acara di Bangka Belitung. "Mungkin setelah itu saya akan berbicara dengan Pak Budi, adik Pak Moerdiono,"kata Machica.

MK telah menyatakan kalau pasal 43 ayat (1) UU No 1/1974 tentang Perkawinan diubah dan menjadi "anak yang dilahirkan di luar perkawinan mempunyai hubungan perdata dengan ibunya dan keluarga ibunya serta dengan laki-laki sebagai ayahnya yang dapat dibuktikan berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau alat bukti lain menurut hukum mempunyai hubungan darah, termasuk hubungan perdata dengan keluarga ayahnya".

Machicha Mochtar menikah siri dengan mantan Mensesneg Moerdiono pada 20 Desember 1993. Pernikahan ini membuahkan M Iqbal Ramadhan. Namun pernikahan ini tidak berlangsung lama, berakhir 1998. Pada Juli 2008, keluarga besar Moerdiono mengadakan jumpa pers, yang isinya tidak mengakui Iqbal sebagai anak Moerdiono. Pada 2010, Machicha berjuang lewat MK untuk mendapatkan pengakuan tentang status hukum Iqbal. Perjuangan Machicha berakhir dengan kemenangan pada  Mahkamah Konstitusi.

( Budi Yuwono / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 11829
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 12521
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 12323
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 14604
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 11910
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER