panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
09 Februari 2012 | 21:32 wib
Dimungkinkan Kerjasama dengan Ceko
Konstruksi Bandara Pengganti Bandara Adisucipto Dimulai 2014


KULONPROGO, suaramerdeka.com –
Tahapan konstruksi pembangunan bandara internasional pengganti Bandara Adisucipto Yogyakarta direncanakan akan dimulai akhir 2014 mendatang. Pemerintah Republik Ceko tertarik mengetahui perkembangan rencana tersebut dan menawarkan peralatan-peralatan canggih untuk bandara.

Duta besar Republik Ceko, Tomas Smetanka, menyempatkan diri datang ke Kulonprogo bertemu dengan Bupati Hasto Wardoyo, di sela-sela suatu acara di Yogyakarta. Dalam pertemuan di Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (YKAY) di Kecamatan Pengasih itu Dubes Ceko didampingi Sekretaris departemen ekonomi dan perdagangan kedutaan Ceko untuk Indonesia, Jan Janda.

Selain memperkenalkan diri karena baru mulai bertugas di Jakarta Oktober 2011 lalu, Dubes Ceko juga menanyakan perkembangan rencana pembangunan bandara. Pada 2008 silam, pemerintah Ceko memang menjalin kerjasama dengan Pemkab Kulonprogo menyusun pra studi kelayakan atau pra feasibility study (FS) bandara. Sedangkan untuk FS saat ini dilakukan oleh PT Angkasa Pura bekerjasama dengan tim dari UGM.

Meski saat ini lokasi untuk pembangunan bandara belum bisa dipastikan antara Kulonprogo dan Bantul, namun direncanakan tahap konstruksi akan dimulai akhir 2014. "Sesuai tahapan pada umumnya seperti itu. Karena untuk FS butuh waktu 6 bulan, setelah itu 6 bulan berikutnya penyusunan masterplan dan DED  (Detail Engineering Design),” kata Bupati Hasto Wardoyo usai pertemuan.

Menurut Hasto, untuk mewujudkan bandara yang bertaraf internasional tidak bisa hanya mengandalkan satu investor, tapi perlu kerjasama dengan beberapa investor. Menurutnya, kerjasama dengan investor Ceko sangat dimungkinkan mengingat negara itu memiliki teknologi bandara yang unggul dibanding negara-negara lain.

"Kerjasama sangat mungkin, karena Ceko mempunyai teknologi bandara yang canggih, seperti radar dan lighting. Tapi ini sangat tergantung dari leading sektor yakni PT Angkasa Pura I, bagaimana mengkoordinir para investor dalam pembangunan air port," ujarnya.

( Panuju Triangga / CN32 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 12080
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 12787
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 12579
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 14878
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 12165
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER