panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
24 Januari 2012 | 14:47 wib
Tinggi, Kebutuhan Tenaga Kerja Bidang Pariwisata

MAGELANG, suaramerdeka.com – Tingkat kebutuhan pekerja di bidang pariwisata baik dalam maupun luar Magelang terus menunjukan peningkatan. Hal ini mendorong meningkatnya daya serap tenaga kerja lulusan SMK Pariwisata, terutama di sektor perhotelan dan jasa perjalanan wisata.

Hal itu diungkapkan Kepala Sekolah SMK (SMIP) Wiyasa Kota Magelang, Prijanti Dwiastuti (63) dalam acara peringatan HUT ke-17 SMK Wiyasa di sekolah setempat, Selasa (24/1). Ia menuturkan, hampir semua alumni langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus sekolah.

“Dulu memang SMK masih terpinggirkan, tapi sekarang makin diperhitungkan. Bahkan, kian diminati karena lulusan SMK terjamin masa depannya. Hampir semua jurusan di SMK dibutuhkan dunia kerja, termasuk pariwisata,” ujarnya.

Ia menjelaskan, geliat usaha di bidang jasa dan pariwisata baik di Magelang maupun daerah lain menunjukkan tren positif. Di Magelang sendiri tengah bergairah, terlihat dari mulai banyak bermunculan hotel, restoran, dan jasa hiburan.

“Kondisi ini berdampak positif bagi sekolah pariwisata yang menyiapkan lulusan siap kerja selain juga usaha mandiri. Banyak hotel di Magelang yang mempekerjakan lulusan kami di berbagai posisi,” katanya.

Tidak hanya di Magelang, sejumlah hotel dan restoran di luar daerah bahkan luar negeri juga membutuhkannya. Misalnya, hotel-hotel di Malaysia, Hongkong, Singapura, bahkan Amerika Serikat yang mempekerjakan para lulusan sebagai tenaga profesional.

“Karenanya, mulai banyak orang tua yang menyekolahkan anaknya di SMK. Di sekolah kami sendiri jumlah siswa terus naik tiap tahunnya. Sekarang jumlah siswa 437 (310 putri dan 127 putra) yang mengambil jurusan akomodasi perhotelan dan usaha perjalanan wisata,” paparnya.

Ditemui terpisah, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Magelang, Edi Hamdani menuturkan, tingkat kebutuhan tenaga kerja di sektor pariwisata cukup tinggi. Apalagi, bagi hotel di saat peak season (masa pucak) banyak membutuhkan tenaga di luar karyawan.

( Asef Amani / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
29 Agustus 2014 | 17:12 wib
Dibaca: 3
image
29 Agustus 2014 | 16:59 wib
Dibaca: 25
29 Agustus 2014 | 16:46 wib
Dibaca: 28
29 Agustus 2014 | 16:34 wib
Dibaca: 54
image
29 Agustus 2014 | 16:22 wib
Dibaca: 122
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER