panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
19 Januari 2012 | 18:55 wib
Lokasi PLTU Batang Dipastikan di Karanggeneng

 

BATANG, suaramerdeka.com - PT Bhimasena Power Indonesia, selaku konsorsium pembangunan mega proyek PLTU Batang memastikan lokasi PLTU bakal dibangun di Desa Karanggeneng, Kandeman, Batang. Lokasi tersebut dinilai paling memenuhi syarat kriteria dari beberapa lokasi yang telah dikaji sepanjang wilayah Pantura.

Hal itu diketahui dalam sosialisasi rencana pembangunan PLTU Batang oleh PT Bhimasena Power Indonesia di Ruang Paripurna DPRD Batang, Kamis (19/1). Kepastian itu, otomatis menjawab kesimpangsiuran informasi masyarakat selama ini terkait di mana letak persis PLTU dengan kapasitas 2x1000 megawatt itu akan dibangun.

"Setelah dilakukannya kajian secara mendalam terhadap lokasi-lokasi potensial PLTU, serta dengan didukung beberapa penelitian teknis di lapangan seperti uji boring tanah, topographic test, environmental scoping, dan study. Kami menyimpulkan lokasi Karanggeneng, merupakan lokasi yang paling sesuai dengan perencanaan pembangunan PLTU," kata Project Manager PT Bhimasena Power Indonesia Dony Suryaman.

Dijelaskan, sesuai arahan dari PT PLN, diantara Pemalang-Kendal sepanjang kurang lebih 120 kilometer, sepanjang area itu telah dilakukan survei sebanyak 12 titik lokasi selama kurun waktu 2 tahun. Beberapa kriteria pemilihan lokasi itu di antaranya, kondisi tanah, akses ke transmisi, ketersediaan lahan, kesesuaian peruntukan lahan, kondisi sosial dan lingkungan serta aspek teknis lainnya.

"Bulan Oktober 2012 seluruh perizinan ditargetkan selesai, termasuk pembebasan lahan dan izin amdal dan mulai dikerjakan konstruksinya. Pada akhir 2016, PLTU ditargetkan sudah dapat dioperasikan untuk jaringan kelistrikan Jawa Bali dengan pasokan 2000 megawatt," ujar Dony.

Pihaknya menambahkan, PLTU Batang merupakan proyek pertama yang akan menjadi percontohan bagi proyek insfrastruktur lainnya, dan terbesar di Asia Tenggara. Maka dari itu, proyek itu akan menjadi barometer pihak swasta dalam menentukan pilihan berinvestasi.

Wakil Ketua DPRD Batang Edi Siswanto berharap, segala sesuatunya dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana. Namun yang lebih penting, keberadaan PLTU Batang di samping mampu memasok kelistrikan Jawa Bali, tetapi harus tetap memperhatikan aspek kajian lingkungan, sosial, budaya dan aspek lainnya.

( Kuswandi / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
25 Juli 2014 | 15:51 wib
Dibaca: 46
image
25 Juli 2014 | 15:37 wib
Dibaca: 115
25 Juli 2014 | 15:25 wib
Dibaca: 103
image
25 Juli 2014 | 15:12 wib
Dibaca: 235
25 Juli 2014 | 15:00 wib
Dibaca: 159
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER