panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
09 Januari 2012 | 13:31 wib
Petani Bawang Geruduk DPRD Brebes

BREBES, suaramerdeka.com - Penolakan terhadap masuknya bawang impor ke Kabupaten Brebes terus dilakukan para petani. Senin (9/1), puluhan petani bawang merah di Brebes mengeruduk gedung DPRD di jalan Gajah Mada.

Mereka yang merupakan perwakilan kelompok tani itu datang untuk mendesak dihentikannya bawang impor yang masuk ke pasaran Brebes. Sebab, bawang impor telah menjadi salah satu penyebab jatuhnya harga bawang lokal.

Petani yang berjumlah sekitar 25 orang itu datang ke DPRD didampingi Relawan Pejuangan Demokrasi (Repdem) Kabupaten Brebes. Mereka di gedunh wakil rakyat ditemui langsung Ketua DPRD Brebes, H Illia Aminn untuk beraudiesi.

Selain menuntut dihentikannya bawang impor masuk Brebes, mereka juga mendesak DPRD untuk segera menyusun Peraturan Daerah (Perda) soal Tata Niaga Bawang. Sebab, perda tersebut sudah sangat dibutuhkan agar harga bawang stabil.

"Kami minta impor bawang ke Brebes dihentikan. Ini telah menyebabkan harga lokal jatuh."kata Koordinator aksi petani, Fadjar Pratikto.

Menurut dia, kondisi petani bawang sangat berpuruk. Karenea itu, pemkab diminta bersikap tegas. Apalagi, indikasinya harga bawang dipermaikan oknum tak bertanggung jawab." Resi gudang juga harus dibuat, agar petani bisa menyimpan hari panennya, saat harga jatuh. Sebab, kendala saat ini petani tidak punya tempat penyimpanan," ujarnya.

Dulhadi (45) petani asal Sisalam, Kecamatan Wanasari menuturkan, jatuhnya harga bawang akibat masuknya impor menyebabkan petani rugi hingga 65 persen setiap hektarnya. Harga bawang saat ini Rp 2000 - Rp 3000/ kg.

Sementara modal tanam satu hekatre Rp 55 juta hasil satu hektare rata-rata 8 ton. "Dengan hasil ini, kami rugi hingga 35 juta. Karena itu, kami memohon bawang impor dihentikan masuk Brebes," tuturnya.

( Bayu Setyawan / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
28 Agustus 2014 | 17:52 wib
Dibaca: 45
28 Agustus 2014 | 17:40 wib
Dibaca: 115
28 Agustus 2014 | 17:28 wib
Dibaca: 107
28 Agustus 2014 | 17:17 wib
Dibaca: 162
image
28 Agustus 2014 | 17:05 wib
Dibaca: 127
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER