panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
07 Januari 2012 | 09:03 wib
Awasi Kinerja PNS, Pemerintah Keluarkan PP Nomor 46 Tahun 2011

 

JAKARTA, suaramerdeka.com - Untuk meningkatkan prestasi dan kinerja PNS, Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pemberlakuan ini seharusnya pada 30 November 2011 lalau. Namun, pelaksanaannya baru akan mulai pada 1 Januari 2014.

PP ini merupakan penyempurna dari PP Nomor 10 Tahun 1979 tentang Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan PNS yang dianggap tidak sesuai lagi dengan perkembangan keadaan dan kebutuhan hukum. Aturan ini disambut baik, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar.

Adanya PP baru ini, kata dia, bisa berdampak pada pelayanan publik di setiap birokrasi pemerintahan sekaligus diharapkan bisa mempermudah mengukur kinerja PNS. "Terbitnya PP ini bagus, sebagai acuan untuk menilai kinerja PNS secara jelas dan ada kriterianya," kata Aboebakar.

Ditambahkan, adal lima prinsip penilaian prestasi kerja PNS yakni objektif, terukur, akuntabel, partisipatif dan transparan. Adapun unsur yang dinilai sebagai prestasi kerja adalah sasaran kerja pegawai (SKP) yang berisi rencana kerja dan target yang akan dicapai oleh seorang PNS dan perilaku kerja atau tingkah laku, sikap/tindakan yang dilakukan PNS.

Adanya PP baru ini juga memberi syarat adanya kewajiban bagi PNS untuk menyusun SKP berdasarkan rencana kerja tahunan instansi, yang memuat kegiatan tugas jabatan dan target yang harus dicapai dalam kurun waktu penilaian yang bersifat nyata dan dapat diukur.

Bila PNS tersebut lalai tidak menyusun SKP, maka akan dijatuhi hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang mengatur mengenai disiplin PNS. Adapun penilaian perilaku kerja meliputi aspek orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, kerjasama, dan kepemimpinan.

Khusus penilaian kepemimpinan hanya dilakukan bagi PNS yang menduduki jabatan structural. Penilaian prestasi kerja PNS ini dilaksanakan sekali dalam 1 (satu) tahun, yang dilakukan setiap akhir Desember pada tahun yang bersangkutan dan paling lama akhir Januari tahun berikutnya. Ketentuan mengenai peraturan penilaian PNS ini juga berlaku bagi Calon PNS (CPNS).

( metrotvnews / CN26 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 12266
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 12978
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 12773
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 15090
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 12349
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER