panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
03 Januari 2012 | 20:36 wib
Jatim Siapkan Dana On Call Bencana Rp 90 M

SURABAYA, suaramerdeka.com - Pemprov Jatim telah mempersiapkan dana on call untuk menangani bencana alam tahun 2012 sebesar Rp 90 miliar. Alokasi anggaran itu lebih tinggi dibanding pos serupa tahun 2011 yang mencapai Rp 79 miliar.

Hal itu dikatakan Wagub Jatim Saifullah Yusuf kepada wartawan di Surabaya, Selasa (3/1). Di samping itu, katanya, seluruh unsur tanggap darurat bencana dan potensi SAR daerah disiapkan 24 jam untuk mengantisipasi kemungkinan bencana alam yang terjadi. "Bencana di Jatim itu ada yang rutin dan musiman," katanya.

Bencana alam yang diantisipasi Pemprov Jatim sekarang ini di antaranya kemungkinan meletusnys Gunung Ijen yang berada di kawasan Kabupaten Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi. Selain itu, banjir akibat luapan air bah Sungai Bengawan Solo yang meliputi kawasan Kabupaten Ngawi, Kabupaten Madiun, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Gresik.

Gus Ipul mengutarakan, kemungkinan letusan Gunung Ijen, pihaknya telah berkoordinasi dengan Bupati Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi. Koordinasi dipimpin langsung Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Ma'arif. "Prosedur penanganannya sama ketika Gunung Bromo dulu. Akan disiapkan jalur evakuasi, logistik dan lokasi pengungsian," katanya.

Hal lain yang ditekankan Gus Ipul adalah BPBD Jatim mesti memetakan kawasan rawan bencana di provinsi ini, kendati sejumlah bencana alam terutama banjir Sungai Bengawan Solo adalah hal rutin yang terjadi hampir tiap tahun di sejumlah kabupaten di Jatim. "PT Jasa Tirta juga sudah bekerja sama dengan Pemprov Jatim untuk menekan risiko bencana dengan mengelola arus air di sungai-sungai besar di Jatim," ujarnya.

( Ainur Rohim / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
31 Juli 2014 | 12:13 wib
Dibaca: 13
31 Juli 2014 | 11:59 wib
Dibaca: 98
31 Juli 2014 | 11:41 wib
Dibaca: 105
31 Juli 2014 | 11:25 wib
Dibaca: 77
31 Juli 2014 | 11:08 wib
Dibaca: 218
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER