panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
03 Januari 2012 | 11:20 wib
Mudah Hancur Pasca Banjir
Kualitas Sarana dan Prasarana Umum Memprihatinkan

JAKARTA, suaramerdeka.com - Peran pemerintah dalam membangun sarana dan prasana masyarakat umum, dinilai amat memprihatinkan. Sebab, sarana dan prasarana tersebut hancur dengan mudahnya akibat banjir.

"Bencana banjir yang menimpa sejumlah wilayah di Jawa Tengah seharusnya bisa menyadarkan pemerintah. Kualitas sarana dan prasarana patut dipertanyakan karena mudah hancur," kata anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan DPR Dewi Aryani dalam siaran persnya, Selasa (3/1).

Menurutnya, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Pertanian harus turun tangan pasca banjir yang melanda beberapa wilayah di Jateng. Pemerintah juga harus mulai memikirkan perbaikan dan rehabilitasi sarana dan prasarana di wilayah yang terkena bencana sangat parah.

"Rumah-rumah warga, bahkan sekolah terendam. Air yang makin meluap akibat tanggul jebol juga harus menjadi perhatian," ujarnya.

Menurutnya, kerusakan itu belum termasuk hancurnya sejumlah jalan di kecamatan dan kabupaten. Banjir juga membuat sekolah-sekolah praktis tidak dapat digunakan sama sekali.

"Untuk itu, Menteri PU dan Mentan harus turun tangan. Sebab, harus ada pengadaan bibit dan pupuk untuk pemulihan lahan-lahan pertanian yang hancur. Selain itu, harus ada program perbaikan tanggul dan jalan yang hancur akibat bencana," tandasnya.

Dia juga mendesak Mendikbud segera melakukan pemulihan sekolah. Sebab menurutnya, selama ini penanganan bencana oleh pemerintah sangat lambat. "Pemulihan diperlukan agar kegiatan belajar mengajar tidak terhenti. Untuk itu, saya juga mengimbau kepada masyarakat dan pelaku usaha untuk bergotong royong memberikan bantuan," tukasnya.

( Saktia Andri Susilo / CN32 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 34344
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 35611
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 35860
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 39933
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 35002
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER