panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
20 September 2011 | 20:33 wib
Gedung Pertemuan Balai Pemuda Surabaya Terbakar

Surabaya, CyberNews. Bangunan bersejarah di Kota Surabaya terbakar. Gedung pertemuan di komplek Balai Pemuda di Jalan Gubernur Suryo, Selasa (20/9) petang terbakar. Api yang membakar bangunan yang termasuk cagar budaya itu berasal dari atap gedung yang tepat berada di samping SMAN 6.

Pascadiketahui adanya kebakaran, sebanyak 5 unit mobil PMK dikerahkan ke lokasi kejadian untuk pemadaman. Hingga Selasa petang, bara api terus berkobar dan membakar atap gedung di samping mushola tersebut. Pantauan di lapangan menunjukkan,  genteng atap gedung setinggi 5 meter sudah habis dilalap api dan mulai roboh.

Kejadian kebakaran itu sangat mengejutkan. Tak hanya aktivis kesenian dan budaya di komplek Balai Pemuda yang berhamburan keluar dan mencoba membantu memadamkan api, siswa SMAN 6 yang sedang belajar berlari berhamburan keluar sekolah. Mereka takut api bakal menjalar ke SMAN 6.
 
Bagus, salah satu saksi, mengatakan, dia mengetahui mula-mula api muncul kecil di dalam gedung pertemuan Balai Pemuda tersebut. Beberapa orang yang mengetahui kejadian itu langsung berteriak dan memanggil PMK. Upaya pemadaman pertama tidak dapat dilakukan lantaran gedung tersebut kosong dan terkunci. "Saat itu, saya mau ke masjid dan melihat ada api, sekitar pukul 17.00. Lalu saya lihat gedung terkunci dan beberapa orang berteriak memanggil PMK," ujarnya.

Hingga pukul 18:30 hampir seluruh bagian atap gedung pertemuan itu jebol dan ambruk. Bara api terus berkobar membakar seluruh atap gedung. Mobilitas kendaraan PMK tak leluasa akibat padatnya arus lalu lintas di sekitar tempat kejadian. Selain itu, tak mudah bagi petugas PMK mencari sumber air. Petugas PMK terpaksa mengambil air di selokan yang tepat berada di bawah komplek Balai pemuda dibantu Dinas Pertamanan.

Kejadian kebakaran itu sangat mengejutkan banyak warga Surabaya. Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini langsung mendatangi lokasi kebakaran di Komplek Balai Pemuda Surabaya. Risma sangat menyesalkan terbakarnya gedung bersejarah di Surabaya. Risma berupaya meminta bantuan petugas agar api dipadamkan secepatnya. "Ao cepat, sini lho...sini lho..," ujar Risma setengah berteriak. Selain itu, di lokasi kejadian tampak pula Wakil Wali Kota Bambang DH.

( Ainur Rohim / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
31 Juli 2014 | 04:14 wib
Dibaca: 45
31 Juli 2014 | 03:59 wib
Dibaca: 36
31 Juli 2014 | 03:45 wib
Dibaca: 156
31 Juli 2014 | 03:30 wib
Dibaca: 133
31 Juli 2014 | 03:14 wib
Dibaca: 182
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER