panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
20 September 2011 | 13:47 wib
Pemindahan Terminal Tingkir
Kawasan JLS Jadi Alternatif Lokasi

 

Salatiga, CyberNews. Terminal Kota Salatiga yang berada di daerah Tingkir akan dipindah ke tempat yang baru. Lokasi yang dianggap ideal sebagai terminal baru adalah yang ada di kawasan Jalan Lingkar Selatan (JLS). Wali Kota Salatiga Yuliyanto SE MM sendiri memberikan persetujuan terhadap wacana pemindahan terminal tersebut.

"Saya setuju Terminal Tingkir dipindah. Saya punya obsesi terminal baru Kota Salatiga berada di kawasan JLS," tandas Wali Kota Yuliyanto, ketika ditanya tentang pemindahan Terminal Tingkir.

Wali Kota mengatakan, untuk lokasi terminal yang baru bisa diambil dari tanah bengkok milik Pemkot Salatiga yang terletak di JLS. Bahkan bila luasnya belum memenuhi, maka tanah untuk peruntukan terminal baru itu bisa membebaskan tanah milik warga sekitar.

Yuliyanto mengungkapkan, JLS dipilih sebagai salah satu alternatif lokasi terminal baru adalah agar perekonomian baru bisa tumbuh di sepanjang JLS. Selain dinilai sudah tidak memungkinkan lagi, dasar pertimbangan lain pemindahan terminal adalah karena manajemen lalu-lintas sudah tidak sesuai lagi bila terminal masih berada di Tingkir.

Wali Kota juga mengungkapkan, saat arus mudik dan arus balik Lebaran lalu, banyak bus yang tidak masuk ke Terminal Tingkir. Bus-bus, baik yang berasal dari arah Solo hendak menuju ke Semarang atau Jakarta dan sebaliknya, lebih memilih masuk ke JLS dan hal itu membuat mereka tidak masuk Terminal Tingkir.

Lokasi Lain

Sebelumnya Kepala Dishubkombudpar Bustanul Arifin mengungkapkan adanya wacana pemindahan Terminal Tingkir. Bahkan wacana yang berkembang, tidak hanya sekedar memindahkan saja, tetapi juga mengembangkan terminal baru menjadi terminal tipe A. Terminal Tingkir adalah tipe terminal B. "Untuk terminal tipe A, dibutuhkan luas lahan minimal lima hektare," tandas Bustanul.

Namun dia menyebutkan, salah satu alternatif lokasi terminal baru adalah yang di dekat kebun milik Dinas Perkebunan Provinsi Jateng di daerah Kelurahan Noborejo, Kecamatan Argomulyo. Lokasi tersebut juga sangat dekat dengan jalur jalan raya arah Semarang-Solo dan dekat pula dengan JLS.

Sementara itu Ketua Serikat Pekerja Sektor Transportasi Terminal Tingkir R Utomo menngemukakan, kalau memang Terminal Tingkir mau dipindah maka Pemkot harus memiliki konsep dan kajian yang matang terlebih dahulu. Selain itu Pemkot juga harus mengajak seluruh pemangku kepentingan atau stakeholder dalam rencana tersebut.

( Basuni Hariwoto / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 34367
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 35632
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 35889
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 39965
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 35035
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER