panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
10 Agustus 2011 | 22:15 wib
Komisi E Pantau Pembayaran THR

Semarang, CyberNews. Komisi E DPRD Jateng siap memantau pembayaran tunjangan hari raya (THR) terhadap karyawan di pabrik atau perusahaan di Provinsi Jawa Tengah. Hal ini dilakukan untuk mengawal karyawan, supaya bisa mendapatkan haknya sesuai ketentuan.

Anggota Komisi E DPRD Jateng KH Syamsul Ma’arif mengatakan, tunjangan hari raya ini perlu dibagikan kepada karyawan maksimal pada H-7 Lebaran. Sesuai ketentuan pemerintah, nilai nominal THR yang dibagikan kepada karyawan ini paling tidak satu kali besaran gaji pegawai dalam satu bulannya.

Menurut dia, THR merupakan hak yang diberikan kepada karyawan dalam kurun waktu setahun sekali. Diharapkan, dalam pelaksanaan pembayaran THR, perusahaan tidak berlaku curang dengan memotong besaran nominal tunjangan hari raya. Bila pemotongan THR dilakukan, hal ini berarti menyalahi aturan.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Syamsul menjelaskan, masih ada perusahaan yang memberikan THR hanya separo dari gaji tiap bulannya. Selain itu, tak sedikit perusahaan yang membayar THR pada H-2 Lebaran.

Bila penyimpangan ditemukan, pihaknya bakal mendesak pemerintah untuk bisa memberikan sanksi. Hukuman yang dijatuhkan bisa berupa skorsing hingga pemutusan izin usaha. Institusi terkait diminta supaya menyosialisasikan pembayaran THR kepada perusahaan agar bisa melaksanakan kewajibannya.

Anggota Komisi E DPRD Jateng lainnya, Masruhan Syamsuri menegaskan, bukan hanya wakil rakyat, namun Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Provinsi Jawa Tengah juga harus melakukan pengawasan ketat terhadap pelaksanaan pembayaran THR.

Bila diperlukan, pihaknya mengatakan, Dinsnakertransduk bisa membuka posko pengaduan seperti yang telah dilakukan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI. Posko ini penting sebagai tempat aduan buruh bila menerima perlakuan yang tak mengenakan.

( Royce Wijaya / CN31 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 26542
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 28244
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 27953
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 31472
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 27187
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER