panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
08 Agustus 2011 | 18:16 wib
Hukum Menjual dan Menyalakan Petasan Haram

Solo, CyberNews. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Solo meminta Pemkot dan Polresta Surakarta untuk merazia penjual petasan di kota ini. Permintaan itu telah disampaikan ke dua instansi tersebut sejak seminggu yang lalu.

Ketua MUI Solo Zainal Arifin Adnan menyatakan, menjual petasan merupakan perbuatan yang mubazir atau sia-sia. Hukumnya, yang paling ringan adalah makruh dan paling berat adalah haram.

“Menyalakan petasan itu sama halnya membakar uang, membuang rezeki. Cari rezeki saat ini masih sulit, apalagi banyak saudara kita yang masih kekurangan. Jadi, itu perbuatan yang sia-sia. Itu juga sama dengan kembang api. Bagi orang yang sudah mengetahui kalau itu sia-sia, hukumnya adalah haram,” kata Zainal, Senin (8/8).

Selain itu, petasan dianggap sangat berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain. Menurut dia, sejauh ini efek bahaya yang telah dirasakan penyala petasan dan kembang api cukup banyak. Di antaranya, membuat jari tangan terputus, rumah terbakar dan mengagetkan orang lain.

“Barangkali, bagi yang menyalakan akan tersenyum. Tapi, bagi orang lain, misalnya yang sedang mengendarai motor, ketika mendengar petasan kaget kemudian terjadi musibah. Ini jelas menganggu,” terangnya.

Selain meminta Pemkot dan aparat Polresta untuk menertibkan, MUI juga mengimbau kepada para orangtua untuk mendidik putra-putrinya agar tidak mudah membuang rezeki yang telah diberikan oleh Tuhan.

“Jangan mudah membuang rezeki sebagai tindakan yang mubazir. Kami juga memohon maaf kepada penjual petasan, karena memang ini sia-sia ,” jelasnya.

Menurut pria yang juga berprofesi sebagai dokter ini, menyemarakkan Ramadan tidak harus dengan menyalakan petasan atau kembang api. Justru, bulan puasa harus dimanfaatkan untuk beribadah.

“Kegiatan seperti itu sama artinya mendidik anak bangsa tidak baik,” pungkasnya.

( Arif M Iqbal / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
23 Juli 2014 | 08:33 wib
Dibaca: 11
23 Juli 2014 | 08:22 wib
Dibaca: 43
23 Juli 2014 | 08:11 wib
Dibaca: 47
23 Juli 2014 | 08:00 wib
Dibaca: 126
23 Juli 2014 | 07:48 wib
Dibaca: 133
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER