panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
02 Agustus 2011 | 07:12 wib
Polres Wonogiri Akan Dirikan Empat Pos Lebaran

Wonogiri, CyberNews. Sudah menjadi tradisi tahunan, setiap datang hari raya Lebaran Idul Fitri, Kabupaten Wonogiri selalu kebanjiran pemudik. Ini terjadi, karena kaum boro (perantau) pada pulang kampung untuk melakukan silaturahim ke orang tua dan sanak saudaranya, serta merayakan lebaran di tempat asalnya.

Menyikapi hal tersebut, Polres Wonogiri merancang akan mendirikan empat pos lebaran. Terdiri atas dua pospam (pos keamanan) serta masing-masing satu pos pantau dan pos khusus objek wisata. "Dua pospam akan didirikan di depan pasar induk Wonogiri Kota, dan di Krisak Kecamatan Selogiri," tegas Kasat Lantas Polres Wonogiri AKP Juharno SH.

Kemudian pos pantau didirikan di dekat pertigaan Kota Kecamatan Ngadirojo, dan pos objek wisata bertempat di taman rekreasi Waduk Gajahmungkur Wonogiri. Untuk pospam dan pos pantau, akan beroperasi selama 24 jam nonstop. Kemudian pos objek wisata dilaksanakan pagi hingga petang hari.

Pendirian pos, hakikatnya untuk memberikan pelayanan secara simpatik kepada masyarakat. "Karena itu, di pospam nantinya akan kami lengkapi dengan fasilitas mobil ambulance dan rest area," tandas AKP Juharno.

Prediksi banjir pelancong ke objek wisata Waduk Gajahmungkur, ikut dirancang pengamanannya sejak sekarang. Utamanya sejak hari H lebaran sampai H+7. Tata letak objek wisata Waduk Gajahmungkur, yang tidak memiliki jalur alternatif, itu memang menyulitkan pengaturannya.

Perluasan Parkir

Utamanya ketika datang banjir pelancong. "Tapi kami akan berusaha mencari 'win win solution'-nya, dengan memberlakukan pengaturan arus lalu lintas secara buka tutup," tutur AKP Juharno.

Perwira polisi kelahiran Rembang 9 Oktober 1964 ini, melontarkan ide sebaiknya ada langkah perluasan parkir area untuk menampung lebih banyak kendaraan dan mobil pelancong. Juga perlu dipikirkan langkah pelebaran jalan di dekat objek wisata Waduk Gajahmungkur.

Meskipun langkah pelebaran jalan memerlukan anggaran yang tidak murah, tapi itu perlu dipikirkan mengingat jumlah kendaraan setiap tahunnya selalu bertambah. Untuk mematangkan penyusunan rencana pola pengamanan lebaran Idul Fitri 1423 H, dalam waktu dekat ini Polres Wonogiri akan mengadakan rapat koordinasi (rakor) terpadu bersama dinas dan instansi terkait serta stake holder lainnya.

Mulai sekarang juga dipetakan tempat-tempat rawan dan langkah antisipasinya. Pada sejumlah titik tertentu, akan dipasang barikade dan penambahan rambu-rambu lalu lintas. Juga akan difungsikan fasilitas tiga unit CCTV lokal di depan pasar, di bangjo ponten dan di Ngadirojo.

( Bambang Purnomo / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 14978
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 15837
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 15605
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 18131
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 15099
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER