panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
10 Juli 2011 | 17:14 wib
Gaji ke-13 Pensiunan Tunggu SK Menkeu

Solo, CyberNews. Pembayaran gaji ke-13 untuk pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) masih menunggu SK dari Menteri Keuangan untuk kepastian pembayarannya.

PT Taspen (Persero) Cabang Solo sebagai juru bayar gaji ke-13 bagi pensiunan PNS di wilayah eks-Karesidenan Surakarta memperkirakan, pada akhir Juli ini SK tersebut sudah turun dan gaji ke-13 pensiunan bisa dibayarkan.

Kasi Umum PT Taspen Solo R Hotmir menjelaskan, untuk gaji ke-13 pensiunan di wilayah Solo Raya, diperkirakan jumlah nominal yang akan dibayarkan mencapai Rp 153 miliar. "Itu perkiraan, bisa lebih bisa juga kurang. Kalau jumlah nasabah yang akan menerima gaji ke-13 mencapai 89.458 nasabah," jelas Hotmir.

Dia mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan kapan gaji ke-13 pensiunan bisa dibayarkan, karena pembayaran dilakukan setelah SK Menteri Keuangan turun.

"Taspen kan hanya juru bayar. Keputusan pembayaran di Menteri Keuangan. Biasanya, pembayaran gaji berselang beberapa saat dari pembayaran gaji ke-13 untuk PNS aktif. Bedanya mungkin sekitar satu bulan. Kami perkirakan akhir Juli SK-nya sudah turun dan gajinya bisa segera dibayarkan," jelasnya.

Untuk pengambilan gaji ke-13, Hotmir mengungkapkan, tidak ada persyaratan khusus. Mekanisme pengambilannya sama dengan pengambilan uang pensiun biasa. "Cuma nanti perlu menunjukkan KTP dan kartu pensiunannya," tuturnya.

Dikatakannya, setiap tahun jumlah gaji ke-13 yang dibayarkan PT Taspen ke pensiunan PNS selalu meningkat. Pertambahannya sekitar 10 persen dari tahun sebelumnya. "Saya tidak ingat nominal gaji ke-13 tahun lalu. Tapi kalau pertumbuhannya sekitar 10 persen, berarti jumlah yang dibayarkan tahun lalu ya di atas Rp 135 miliar," ungkapnya.

Hotmir menambahkan, setelah SK Menteri Keuangan turun, nanti akan ditindaklanjuti pencairan dana dari Pusat ke PT Taspen di daerah, yang langsung dimasukkan ke rekening di Bank BRI. Dari BRI, dana tersebut kemudian didrop ke sejumlah bank dan kantor pos yang menjadi juru bayar uang pensiunan.

( Irfan Salafudin / CN31 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
14 Juli 2014 | 06:00 wib
Dibaca: 164
14 Juli 2014 | 05:50 wib
Dibaca: 300
14 Juli 2014 | 05:40 wib
Dibaca: 361
14 Juli 2014 | 05:30 wib
Dibaca: 320
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER