panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
21 Juni 2011 | 15:03 wib
Siswa Daftar ke SMP Gunakan SKHUN Sementara


Solo, CyberNews
. Siswa SD yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang SMP/sederajat, akan mendaftar menggunakan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) sementara. Surat ini dikeluarkan oleh masing-masing sekolah, berdasar petunjuk dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Surakarta.

Banyaknya data identitas siswa dalam Daftar Kolektif Hasil Ujian Nasional (DKHUN) yang perlu direvisi oleh provinsi menjadi alasan keterlambatan SKHUN. Besar kemungkinan SKHUN baru akan diterima oleh Dikpora sekitar sepekan setelah pengumuman kelulusan.

Hari ini (21/6) Dikpora Surakarta telah melakukan sosialisasi penulisan SKHUN sementara bersamaan dengan sosialisasi penulisan ijazah di masing-masing UPTD Kecamatan.

"Siswa akan mendaftar ke SMP dengan SKHUN sementara dan tanggal 28 surat keterangan itu akan diserahkan ke peserta didik. Format SKHUN sementara sama dengan aslinya. Untuk PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) mulai tanggal 30 Juni," kata Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar Dikpora, Hasto Daryanto saat ditemui wartawan di kantor Pusat Kegiatan Guru Kecamatan laweyan, Selasa (21/6).

Sementara itu dalam sosilisasi penulisan ijazah, Hasto mengatakan, model penulisan tahun ini jauh lebih rumit dari pada tahun lalu. Pasalnya semua aspek nilai dimasukkan, meliputi nilai ujian sekolah, nilai sekolah, ujian nasional, dan nilai akhir. Padahal dulu hanya menyantumkan nilai ujian sekolah dan ujian nasional saja.

Oleh karenanya, penulis ijazah harus hati-hati dan jika terjadi salah tulis harus diganti dengan blangko ijazah baru. Ia menjelaskan, permintaan blangko ijazah baru harus dilakukan oleh kepala sekolah secara langsung dengan membuat surat permohonan.

Blangko ijazah yang salah juga harus disilang sisi depan dan belakang kemudian dikembalikan ke Dikpora. Dalam serah terima ijazah juga harus dibuat berita acaranya.

"Ini sebagai antisipasi penyalahgunaan ijazah. Balngko ijazah yang rusak akan dikirim lagi ke provinsi," katanya.

Saat ini Dikpora telah menerima 10.300 blangko, dimana 100 diantaranya merupakan blangko ijazah cadangan. Ijazah diharapkan telah sampai di tangan siswa pada tanggal 28 Juni, dan akan digunakan sebagai syarat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Sosialisasi itu sendiri dilakukan pada semua kepala sekolah di lima kecamatan. Pelaksananya mulai 21-23 Juni di masing-masing UPTD. Kemudian untuk blangko ijazah dibagikan Dikpora ke sekolah pada Rabu (22/6) ini.

( Hanung Soekendro / CN33 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 34823
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 36067
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 36392
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 40488
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 35539
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER