panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
21 Juni 2011 | 09:03 wib
Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Adalah Usaha Bersama Sekolah

 

Yogyakarta, CyberNews. Pendidikan budaya dan karakter bangsa merupakan usaha bersama sekolah. Oleh karenanya dilakukan secara bersama oleh semua guru dan pimpinan sekolah melalui semua mata pelajaran dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari budaya sekolah.

Fungsinya yaitu pengembangan potensi peserta didik untuk menjadi perilaku yang baik bagi peserta didik yang telah memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan budaya dan karakter bangsa. Selain itu juga perbaikan untuk memperkuat kiprah pendidikan nasional untuk bertanggungjawab dalam pengembangan potensi peserta didik yang lebih bermartabat.

Fungsi lainnya adalah sebagai penyaring yaitu untuk menyaring budaya-budaya bangsa sendiri dan budaya bangsa lain yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa. Demikian dijelaskan Drs Sutjipto MPd dari Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional, pada seminar nasional bertajuk ''Islamic Character Building dalam rangka Pembentuk Karakter Bangsa'', di ruang sidang UNY.

Dikatakan, tujuan pendidikan budaya dan karakter bangsa untuk mengembangkan potensi kalbu/nurani/efektif peserta didik sebagai manusia dan warganegara yang memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa. Mengembangkan kebiasaan dan perilaku peserta didik yang terpuji serta sejalan dengan nilai-nilai universal dan tradisi budaya bangsa yang religius.

"Tujuan lain yaitu menambah jiwa kepemimpinan dan tanggungjawab peserta didik sebagai generasi penerus bangsa. Mengembangkan kemampuan peserta didik menjadi manusia yang mandiri, kreatif, berwawasan kebangsaan. Mengembangkan lingkungan kehidupan sekolah sebagai lingkungan belajar yang aman, jujur, penuh kreativitas dan persahabatan, serta dengan rasa kebangsaan yang tinggi dan penuh kekuatan ('dignity')," tuturnya.

Ditambahkan, nilai-nilai pendidikan karakter meliputi olah pikir, olah hati, olah raga, olah rasa/karsa. olah pikir meliputi cerdas, kritis, inovatif, ingin tahu, berpikir terbuka, produktif, berorientasi iptek, dan reflektif. Olah hati meliputi beriman dan bertaqwa, jujur, amanah, adil, bertanggung jawab, berempati, berani mengambil resiko, pantang menyerah, rela berkorban, dan berjiwa patriotik.

"Olah raga meliputi bersih dan sehat, disiplin, sportif, tangguh, andal, berdaya tahan, bersahabat, kooperatif, determinatif, kompetitif, ceria, dan gigih. Olah rasa/karsa meliputi ramah, saling menghargai, toleran, peduli, suka menolong, gotong royong, nasionalis, mengutamakan kepentingan umum, bangga menggunakan bahasa dan produk Indonesia, dinamis, kerja keras, dan beretos kerja," tambahnya.

( Bambang Unjianto / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 13204
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 13937
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 13713
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 16101
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 13277
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER