panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
15 Juni 2011 | 19:47 wib
Pendaftar Caba Kodam IV Meningkat
image

TES CABA PK: Sejumlah pendaftar Calon Bintara Prajurit Karier (Caba PK) TNI melakukan tes fisik Pull Up saat mengikuti pra seleksi di Lapangan Parade Makodam IV/Diponegoro, Rabu (15/6). (SM CyberNews/Maulana M Fahmi)

Semarang, CyberNews. Minat masyarakat generasi muda menjadi prajurit TNI saat masih cukup tinggi. Hal tersebut terbukti saat seleksi calon bintara Prajurit Karier (Caba PK ) yang  dibuka di Kodam IV/Diponegoro dari 30 Mei 2011 hingga 17 Juni 2011 nanti.

Dari pembukaan pendaftaran hingga Rabu (15/6) ini saja tercatat 5.102 pendaftar. Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Langgeng Sulistyono melalui Kepala Penerangan Kodam IV/Diponegoro, Kolonel Inf Widodo Raharjo menyatakan bahwa saat ini minat masyarakat untuk menjadi prajurit TNI AD masih sangat besar.

"Jumlah pendaftar caba PK tahun ini cukup banyak dibanding tahun lalu yang hanya sekitar 2000 peserta. Ini menandakan minat masyarakat saat ini masih cukup tinggi untuk menjadi prajurit TNI," terangnya.

Kapendam mengatakan sejak dibuka pendaftaran animo masyarakat cukup tinggi. Dari 5.002 pendaftar terdiri dari 277 wanita dan 4.825 pria telah mendaftar. Meski 852 pendaftar dinyatakan gugur karena sejumlah syarat administratif seperti tinggi badan, berat badan dan usia yang tidak sesuai persyaratan.

“ Para pendaftar berasal dari sejumlah wilayah di Jateng dan DIY, seperti Semarang, Jogja, Solo maupun Purwokerto. Seleksi awal pun diperketat, sejumlah pendaftar yang bertato dan bertindik ditubuhnya langsung dinyatakan gagal," jelasnya saat memantau seleksi di Makodam IV/Diponegoro, Jl Watugong, Semarang, Rabu (15/6).

Kapendam menandaskan jumlah pendaftar diprediksikan akan terus bertambah mengingat masih ada 2 hari lagi pendaftaran. Dari jumlah pendaftar nantinya akan disaring menjadi 165 orang calon parjurit pria dan 6 orang wanita.

Sementara itu tes/ujian seleksi dilakukan bertahap. Mulai dari pengecekan administrasi memenuhi persyaratan yang diberlakukan, tes parade, kesehatan, jasmani, dan tes mental ideologi meliputi tertulis dan wawancara. Dari tes tersebut yang lulus akan melanjutkan tes kesehatan 2 meliputi pengecekan organ tubuh seperti jantung, paru-paru rontgen, darah serta air seni dan tes psikologi.

Bagi yang lolos dalam tes kesehatan 2 tersebut dilanjutkan tes panitia penentu akhir (pantukir) tingkat daerah yang kemudian akan berlanjut tes panitia pusat di Rindam IV/Diponegoro di Magelang. Dalam tes akhir ini langsung dilakukan oleh panitia pusat dari Mabes TNI AD. Dari tes Panpus baru dijaring calon prajurit yang akan masuk pendidikan bintara.

Kepala Ajendam IV/Diponegoro Letkol Caj Drs Supiyardi melalui Wakilnya Letkol Caj Drs Mulyadi mengatakan selain ketat, seleksi Caba PK TNI Kodam IV/Diponegoro juga dilakukan secara transparan dengan menggunakan sistem <I>barcode<I> untuk
menyimpan data peserta. Selain itu, panitia juga membuka layanan konsumen guna menampung pengaduan dan keluhan selama penyelenggaraan seleksi di nomor 082134851800.

" Proses seleksi ketat dan transparan tersebut dilalui dengan harapan benar-benar terjaring prajurit yang berkualitas. Baik dari segi posturnya, kesehatan fisik, intelegensi serta  mentalnya yang berkualaitas. Dengan begitu diharapkan menjadi prajurit yang siap menjalankan tugas," jelasnya sembari menunjukkan bahwa Pengumuman seleksi Caba 2011 akan disiarkan juga melalui website www.kodam4.mil.id sehingga peserta dari luar kota tak perlu harus datang di Makodam IV/Diponegoro Semarang.

( Maulana M Fahmi / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 26561
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 28263
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 27972
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 31496
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 27206
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER