panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
03 Juni 2011 | 22:58 wib
Empat Pasangan Calon Bupati Paparkan Visi Misi
.

Kulonprogo, CyberNews. Membuka rangkaian kampanye, empat pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan berkompetisi dalam Pilkada Juni mendatang memaparkan visi misi dalam Rapat Paripurna Istimewa Dewan di Gedung DPRD Kulonprogo, Jumat (3/6).

Rapat paripurna yang digelar terbuka itu diikuti 36 anggota DPRD dan puluhan perwakilan dari Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) pemerintah kabupaten (Pemkab) Kulonprogo. Acara itu antara lain dihadiri oleh Bupati Toyo Santoso Dipo dan Muspida plus, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo Siti Ghoniyatun, dan Ketua Panwaslu Puja Rasa Satuhu.

Selain itu sebagian pendukung pasangan calon juga mengikuti pemaparan visi misi di balkon ruang rapat paripurna. Sedangkan puluhan pendukung lainnya mengikuti jalannya rapat paripurna istimewa di luar gedung melalui layar lebar yang dipasang.

Hanya saja, di luar gedung hanya terlihat dua kelompok pendukung pasangan calon yang berseragam yakni pendukung pasangan Noto (Mulyono-Ahmad Sumiyanto) dan pasangan Prakoso (Suprapta karo Soim).

Penyampaian visi, misi, dan progam dilaksanakan dalam bentuk monologis atau satu arah dan tidak ada dialog. Masing-masing pasangan calon diberi waktu maksimal 20 menit dengan urutan sesuai nomor urut pasangan calon. Dalam rapat paripurna itu tidak ada interupsi sesuai dengan aturan yang telah disepakati.

“Penyampaian visi, misi, dan progam tidak boleh menyinggung dan menghina pasangan calon lainnya, dan tidak boleh bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku,” imbuh Ketua DPRD Kulonprogo, Yuliardi, yang memimpin rapat paripurna.

Sesuai nomor urut, pemaparan visi misi pertama disampaikan oleh pasangan Sarwidi-Hartikah (Sartika) yang diusung PKB (Partai Kebangkitan Bangsa), dan dilanjutkan pasangan Mulyono-Ahmad Sumiyanto (Noto) yang diusung Partai Demokrat (PD) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan pasangan Suprapta-So’im (Prakoso) yang diusung Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), dan Partai Kebangkitan Nasional Umat (PKNU).

Sedangkan urutan terakhir pasangan Hasto Wardoyo-Sutedjo (Sehat) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PAN).

Usai memaparkan visi misi, keempat pasangan calon melakukan ikrar Pilkada damai dengan dipandu oleh ketua KPUD Siti Ghoniyatun. Rapat paripurna istimewa yang mengawali rangkain kegiatan kampanye itu berjalan lancar dengan mendapat pengamanan dari aparat kepolisian dan satuan polisi pamong praja (Satpol PP).

Dua kelompok pendukung pasangan calon yang terlihat mencolok di luar gedung juga mengikuti dengan tertib. Meski tidak tampak adanya pendukung pasangan calon Sehat yang berseragam, Sekretaris DPC PDIP, Istana, mengatakan sebenarnya banyak pendukung yang datang.

Hanya saja mereka memang tidak berseragam dan datang secara mandiri. Hal itu dimaksudkan agar membaur dan mendekat dengan masyarakat.

“Tidak perlu menunjuk-nunjukkan (pendukung) dan tidak perlu diseragam agar membaur dan mendekat dengan masyarakat. Tapi yang datang banyak, sesuai aturan maksimal di balkon 20 orang dan di luar 50 orang,” ujarnya.

Sementara, meski juga tidak terlihat adanya pendukung berseragam dari pasangan Sartika, anggota tim desk pemenangan pasangan Sarwidi-Hartikah (Sartika) dari PKB, Nur Aini, mengatakan membawa setidaknya 30 orang pendukung. Pihaknya sengaja tidak membawa banyak pendukung karena lebih dikonsentrasikan untuk memaksimalkan sosialisasi di masing-masing wilayah kecamatan.

“Daripada membawa banyak pendukung, menurut kami lebih baik memaksimalkan sosialisasi untuk pemenangan pasangan Sartika hingga *grassroot* di tingkat kecamatan,” ujarnya.

( Panuju Triangga / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
Index Berita
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 34683
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 35937
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 36245
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 40337
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 35388
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER