panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
29 Mei 2011 | 20:35 wib
Minim, Peran KPI Dalam Penyiaran

Semarang, CyberNews. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) belum berperan optimal dalam pengawasan penyiaran karena minimnya peran yang diberikan. Semula KPI diharapkan menjadi regulator tunggal dalam penyiaran, termasuk pemberian izin, pengawasan, pemberian sanksi, hingga penutupan sebuah siaran.

Menurut Koordinator Bidang Kelembagaan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jateng Isdiyanto, peran KPI sesuai UU No 32 Tahun 2002 tentang penyiaran saat ini sangat terbatas. Meski berhak memberikan rekomendasi untuk penerbitan izin sebuah siaran, namun kewenangan sepenuhnya tetap berada di tangan pemerintah yakni Kementrian Komunikasi Dan Informasi.

"KPI tak lagi regulator tunggal, hingga muncul candaan KPI semacam tukang pos yang bertugas mengantar saja karena keputusan finalnya berada di pemerintah," terang Isdiyanto.

Dikatakan, perubahan regulator kewenangan itu terjadi pada tahun 2003 dimana sejumlah televisi mengajukan judicial review agar kewenangan tetap di pemerintah. Akibat minimnya peran KPI itulah saat ini terjadi pergeseran fungsi penyiaran dan liberalisasi bisnis penyiaran.

Dikatakan, dulu penyiaran diawasi sepenuhnya oleh pemerintah termasuk materi berita yang akan disiarkan. Namun seiring reformasi, isi siaran dikendalikan oleh publik yang direpresentasikan melalui KPI di tingkat nasional dan KPID di jenjang daerah.

"Saat ini media televisi dikuasai pihak-pihak tertentu dengan berbagai kepentingan. Akibatnya, Isi siaran pun menjadi kurang karena orientasi lebih pada market table dibanding isinya," paparnya. Dirinya berharap, peran KPI sebagai regulator tunggal bidang penyiaran diminta dikembalikan seperti sebelumnya.

( Saptono Joko Sulistyo / CN32 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 25496
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 27154
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 26851
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 30290
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 26104
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER