panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
26 Mei 2011 | 08:50 wib
Batik Motif Gelombang Cinta Membidik Selera Pasar
image

Wonogiri, CyberNews. Pengerajin batik tulis Kabupaten Wonogiri, terhitung jeli dalam membidik pasar. Mereka mampu menciptakan karya yang inovatif, untuk tujuan membidik selera pasar. Tidak hanya bertahan pada corak tradisional, tapi juga dicipta motif baru yang mereka yang bernama batik Gelombang Cinta.

Karya baru batik tulis Pati, ikut dipamerkan di gelar pameran produk unggulan dalam rangka peringatan hari jadi Ke 270 Kabupaten Wonogiri. Setidak-tidaknya telah diciptakan sekitar 10 motif batik baru atau 'gagrak anyar'. Terdiri atas motif Gelombang Cinta, Anggrek Hutan, Kembang Druju, Hujan Emas, Anggrek Pohon, Kupu Kasmaran, Pari Jotho, Jamu Alas, Kembang Cengkeh dan Tlogo Sunyi. Harganya bervariasi antara Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu.

Kain batik tulis dari Kabupaten Pati Jateng, memiliki gurat-gurat pecah seperti pada batik Wonogiren atau batik tulis khas Wonogiri. Produk unggulan Pati yang dipamerkan, terdiri atas aneka kerajinan logam, tenun, hiasan lampu, dan batik tulis. Batik tulis Pati dikenal sebagai batik bakaran pesisiran.

Merupakan karya tangan menarik atau 'hand made exlusive', yang telah turun menurun dari generasi Nyai Donowati atau Nyai Sabirah. Yakni tokoh legendaris keturunan bangsawan Mojopahit yang memiliki kecakapan membatik. Karya batik tulis kuno jenis bakaran dari Kabupaten Pati yang terkenal, terdiri atas motif Gandrung, Padas Gempal, Sekar Jagat dan Udan Riris.

Ajang Promosi

Dalam perkembangannya, batik tulis bakaran berkembang motifnya menjadi sekitar 21 jenis. Seperti motif Manggaran, Blebak Lung, Blebak Urang, Blebak Kopik, Sido Mukti, Rawan, Sido Rukun, Kopi Pecah, Puspo Baskoro, Truntum, Limaran, Magel Ati, Kedele Kecer, Gringsing, Nam Tikar, Ungker Cantel, Kopi Pecah, Bregat Oreng, Blebak Duri dan Merak Ngigel.

Pameran produk unggulan dibuka resmi oleh Bupati Danar Rahmanto dengan pukulan gong tiga kali. Upacara pembukaannya, dimeriahkan dengan pentas tari keprajuritan dan reog dadak merak.

PLt Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Diperindagkop) Wonogiri Reni Ratnasari SH MM, mengatakan, pameran diikuti 25 stan kecamatan, tujuh stand SKPD, dua stand lembaga PKK dan Dharma Wanita, stan perbankan, stan persatuan pedagang pasar, dan stan dari Kabupaten Pati serta juga ikut dipajang pameran foto kehumasan.

Bupati Danar berharap, media pameran ini sekaligus dapat dijadikan ajang promosi untuk memperkenalkan produk dan mencari peluang pasar. Agar produk unggulan daerah dapat memperoleh kesempatan dikenal publik dan menembus pasar secara luas.

"Syukur dapat memperoleh jalinan kemitraan dalam upaya menjadikan produk unggulan daerah sebagai komoditas ekspor ke manca negara," tutur Bupati Danar.

( Bambang Purnomo / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 15608
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 16550
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 16315
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 18893
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 15783
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER