panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
25 Mei 2011 | 16:45 wib
11 Ahli Geologi Mancanegara Teliti Lumpur Porong
.

 

Surabaya, CyberNews. Akhir bulan Mei 2011 ini, semburan lumpur panas Lapindo Brantas Inc di Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo berumur 5 tahun. Pada Rabu (25/5), sebanyak 11 ahli geologi dari berbagai negara mengunjungi semburan lumpur panas di bekas sumur Banjar Panji I milik Lapindo Brantas Inc di Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Sidoarjo.

Ahli geologi itu berasal dari Australia, Jepang, Rusia, Perancis, Inggris, Amerika Serikat, dan negara lainnya. Para ilmuwan itu  meneliti semburan lumpur panas panas yang telah menyembur sejak lima tahun itu.

"Kami sengaja mengumpulkan para ilmuwan dari berbagai negara untuk mengetahui penyebab kejadian di  Porong ini. Sebab, fenomena ini yang paling besar dibanding yang ada," kata Jeffrey Richard, Executive Directory Humanitus dari Australia.

Richard Davis, ahli geologi dari Inggris, mengatakan, semburan ini kemungkinan karena salah pengeboran, bukan faktor human error. "Kalau human error, tak sampai lima tahun seperti ini. Ini sepertinya karena salah pengeboran," katanya.

Karenanya, tambahnya, semburan lumpur panas Porong ini diperkirakan berumur panjang atau sekitar 26 sampai 30 tahun. Pandangan berbeda disampaikan Sergey Kadurin, ahli geologi dari Rusia. Dia mengemukakan, fenomena di Porong ini kemungkinan karena faktor alam.

Kejadian Alam

Hal itu, katanya, diketahui beribu-ribu tahun silam  di Porong ada gunung api. Ada indikasi alamiah yang menunjukkan fenomena semburan lumpur panas itu akibat kejadian alam, seperti air, lumpur, dan panas bumi. Fenomena serupa terjadi di Rusia dan Azerbaijan. "Tak ada pengeboran pun bisa saja muncul semburan ini," ujarnya.

Karenanya, fenomena semburan lumpur panas di Porong ini bakal menjadi obyek penelitian mendalam para ahli geologi tersebut. Sementara itu, menjelang 5 tahun semburan lumpur panas Porong pada 29 Mei 2011 mendatang, Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) menginformasikan, debit semburan lumpur panas mengalami penurunan.

Kadangkala semburan itu besar, namun kadangkala mengecil dan tak mengeluarkan asap tebal seperti biasanya. Humas BPLS, Achmad Kusairi, membenarkan adanya perubahan alamiah di pusat semburan lumpur panas itu. Asap tebal seringkali keluar mengiringi semburan  dan membumbung tinggi ke udara.

Kadangkala asapnya tak tampak sekali, termasuk semburan yang muncrat ke atas atau kik dan kejadian itu berlangsung hampir sebulan lebih. Semburan juga terlihat berhenti sampai hitungan beberapa menit dan kembali aktif lagi. "Berhentinya semburan itu paling lama sekitar 13 sampai 15 menit," tambahnya.

( Ainur Rohim / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
Index Berita
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 219720
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 237015
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 237992
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 257655
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 239054
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER