panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
25 Mei 2011 | 08:40 wib
Petilasan Keraton Pajang Akan Dimuseumkan
image

Solo, CyberNews. Yayasan Kesultanan Keraton Pajang berencana membuat museum untuk petilasan dan peninggalan-peninggalan keraton tersebut. Di samping itu juga akan dibuat replika-replika warisan budaya keraton yang sempat tenggelam selama 424 tahun. Tujuannya untuk melestarikan dan membangkitkan kembali Cagar Budaya Kesultanan Keraton Pajang.

Humas Kesultanan Keraton Pajang, Ir Sigit Rusdarmawan mengatakan, pihaknya meyakini lokasi pusat Keraton Pajang di masa lalu berada di Gang Benowo II Sonojiwan RT 5/RW 22 Makam Haji, Kartosuro, Sukoharjo. Hal itu didasari dengan ditemukannya beberapa peninggalan dan petilasan Keraton Pajang. Seperti ditemukannya batu ompak (batu penyangga pilar istana) dan tumpukan batu-bata yang diduga merupakan bekas bangunan zaman Keraton Pajang.

Di samping itu, pihaknya akan membuat replika 'cancangan gethek' (kaitan rakit) milik Joko Tingkir, raja Pajang pertama yang bergelar Sultan Adiwijaya. "Yang sudah ditemukan saat ini baru sebuah batu ompak. Ada juga tumpukan batu-bata yang sangat tebal, diyakini sebagai bekas bangunan Keraton Pajang. Kami juga akan membuat replika-replika untuk melestarikan peninggalan Keraton Pajang," katanya.

Dengan cara itu, penggalian sejarah akan lebih mudah dilakukan dan sejarah bisa diluruskan. "Nantinya akan lebih mengarah kepada edukasi dan pariwisata serta melestarikan cagar budaya. Hal itu seiring dengan telah dibangkitkannya kembali Kesultanan Keraton Pajang," imbuhnya.

Sementara itu, Kanjeng Raden Adipati Suradi Joyo Negoro selaku pewaris tahta Pajang mengatakan, Kasultanan Karaton Pajang telah didaftarkan di UNESCO (badan PBB untuk pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan) melalui Yayasan Keraton Nusantara. Adapun bangunan yang telah ada diantaranya Balai Agung Kasultanan Karaton Pajang dan kedaton yang terletak di samping petilasan Keraton Pajang.

( Khalid Yogi / CN14 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
25 April 2014 | 00:24 wib
Dibaca: 202
image
25 April 2014 | 00:10 wib
Dibaca: 236
24 April 2014 | 23:57 wib
Dibaca: 226
24 April 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 256
24 April 2014 | 23:35 wib
Dibaca: 383
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER