panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
08 Mei 2011 | 23:59 wib
7 Aliran Kepercayaan Berkembang di Temanggung

 

Temanggung, CyberNews. Aliran kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam beberapa tahun terakhir berkembang cukup pesat. Hingga kini tercatat sejumlah 7 aliran yang berkembang di berbagai wilayah Kabupaten Temanggung.

"Pemerintah tidak akan melarang aliran kepercayaan sepanjang keberadaan mereka tidak bertentangan dengan aturan," kata Kasi Hubungan Antar Lembaga Sri Widada di kantornya, Sabtu (7/5).

Ketujuh aliran tersebut diantaranya Cahya Buana yang banyak berkembang di sekitar Kecamatan Ngadirejo, dan Palang Putih Nusantara yang tumbuh pesat di wilayah Kedu. Lainnya adalah aliran Sumarah yang berkembang di daerah Tlogomulyo dan sekitarnya, serta Hidup Betul dengan pusat di Kecamatan Selopampang.

Aliran lain yang juga tercatat adalah Subud, Sapto Darmo, dan Mardi Santosaning Budi yang banyak berkembang di Kecamatan Kaloran serta Kranggan. Selain ketujuh aliran tersebut, berkembang pula suatu perkumpulan yang mirip dengan aliran kepercayaan yakni Pangestu.

"Karena menolak disebut aliran, Pangestu kami masukkan dalam daftar organisasi lain. Tapi mereka tetap kami awasi, sebagaimana pembinaan terhadap aliran kepercayaan," tandasnya.

Pembinaan aliran kepercayaan ini dilakukan tim yang terdiri atas unsur Kejaksaan Negeri, Kantor Kesbangpol dan linmas, Kodim, Polres, Kementerian Agama, dan Dinbudparpora.

"Kami minta para pengurus aliran kepercayaan bisa secara rutin melaporkan kegiatannya kepada kami, sehingga bisa memudahkan dalam pembinaan," pesan dia.

Menyinggung mengenai keberadaan Ahmadiyah, Widada mengaku bahwa status atas pengikut mereka belum dinyatakan secara jelas. "Untuk sementara Ahmadiyah masuk dalam kategori ormas. Tapi pengawasan tetap dilakukan oleh tim Pakem," imbuhnya.

( Amelia Hapsari / CN27 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
25 April 2014 | 16:42 wib
Terkait Peninggian Pantura Timur
Terminal Induk Jati Terancam "Tenggelam"
Dibaca: 33
25 April 2014 | 16:28 wib
Dibaca: 218
25 April 2014 | 16:14 wib
Dibaca: 218
25 April 2014 | 15:46 wib
Dibaca: 259
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER