panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
25 April 2011 | 15:33 wib
Mencangkul di Kebun, Petani Temukan Ribuan Koin Kuno
image

Kendal, CyberNews. Sukiman (65), seorang petani asal Desa Ngarianak Kecamatan Singorojo menemukan ribuan koin logam kuno ketika mencangkul di kebun milik Perhutani yang dia garap. Diduga, koin kono bertulis huruf China yang ditemukan di dalam sebuah guci tua itu, sudah berusia ratusan bahkan ribuan tahun.

Belum diketahui secara pasti, berasal dari mana serta waktu pembuatan ribuan koin yang diduga sebagai uang itu. Saat ditemukan, koin-koin masih tertata rapi dan masih utuh, meski hampir semuanya telah berkarat akibat dimakan waktu.

Sukiman menurutkan, penemuan ribuan koin kuno ini terjadi Kamis (21/4) pekan lalu. Saat itu, dia yang sedang mencangkul kebun kaget ketika ujung cangkulnya mengenai benda keras seperti gerabah. Saat dilihat bagian dalamnya, ternyata benda itu adalah guci tua yang berisi koin aneh yang belum pernah dia lihat. "Guci itu sendiri sempat pecah akibat terkena cangkul. Saat saya bawa pulang dan diperiksa, ternyata isinya koin kuno. Belum tahu pasti berapa jumlahnya, yang jelas ribuan. Beratnya sendiri setelah ditimbang mencapai 25 kilogram," paparnya ketika ditemui di rumahnya, Desa Ngarianak Kecamatan Singorojo hari ini.

Atas temuan ini, pihaknya kemudian melaporkannya ke Koramil Singorojo yang berada dekat dengan rumahnya. Pihak koramil lalu berkoordinasi dengan desa serta Dinas Pariwisata Kabupaten Kendal. "Sudah ada petugas dari dinas yang mengecek koin-koin kuno ini. Namun saya belum tahu hasilnya," tambah Sukiman.

Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata Kabupaten Kendal, Itos Budi Santoso ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan apakah koin-koin tersebut merupakan benda beresejarah yang memiliki nilai arkeologi atau koin biasa. Hanya saja diperkirakan koin-koin yang diduga terbuat dari perunggu itu telah berusia ratusan bahkan ribuan tahun. "Kami telah menghubungi Balai Perlindungan Peninggalan Purbakala Jawa Tengah untuk mengecek asal serta sejarah koin-koin tersebut," paparnya.

( Lanang Wibisono / CN14 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 12238
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 12952
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 12745
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 15062
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 12321
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER