panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
19 April 2011 | 08:26 wib
Pengamat: Bom yang Dipakai M Syarif Mudah Dibuat

Jakarta, CyberNews. Pengamat terorisme Mardigu WP mengatakan, bom bunuh diri yang digunakan M Syarif di Cirebon, ternyata teknik pembuatannya mudah dipelajari dan sumbernya bisa dengan mudah didapatkan. "Teknik pembuatan bom bunuh diri di Cirebon termasuk teknik yang bisa dipelajari sendiri. Di internet banyak informasi mengenai hal itu," kata Mardigu, Selasa (19/4).

Menurutnya, hal yang memudahkan pembuatan bom itu adalah bahan-bahannya yang mudah didapatkan dari dalam negeri. Tak hanya itu, unsur bahannya hanya berupa adukan sederhana yang biasa digunakan dalam pembuatan mercon.

"Bedanya dengan mercon, terletak pada pemicunya. Kalau mercon yang menjadi pemicu adalah sumbu api namun bom bunuh diri di Cirebon menggunakan per atau pegas. Kalau mercon pemantiknya pakai sumbu, sementara pada bom ini, pemantiknya menggunakan per mekanik," paparnya.

Ditambahkan, selain per mekanik, pemantik bom itu juga bisa berupa listrik, time bom, per mekanik, sumbu ataupun tali. Mengenai isi bom, Mardigu mengatakan, rata-rata isi bahan bom sama. Hanya yang membedakan adalah pemantik dan kuantitas dari bom itu sendiri.

"Tidak butuh waktu lama untuk mempelajarinya. Untuk kasus bom di Cirebon ataupun bom buku yang sempat ramai beberapa waktu lalu termasuk pelajaran dasar dalam perakitan bom," ujar Mardigu.

Mardigu mengatakan, untuk merakit bom dibutuhkan orang yang memiliki ketelatenan yang tinggi. Sebab, bisa-bisa sang perancang menjadi korban kelinci percobaan hasil rakitan bomnya, akibat dari ketidak telitiannya itu.

"Perakitan bom tetap memerlukan orang yang telaten. Kalau tidak telaten bisa salah meledak. Diperlukan juga keberanian yang melebihi orang normal tapi bukan orang yang stres karena orang stres biasanya malah tidak fokus," tandas Mardigu.

( dtc / CN26 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 13137
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 13872
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 13646
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 16033
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 13213
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER